Connect with us

Jemaah Haji Aceh Mulai Berangkat ke Tanah Suci

Aceh

Jemaah Haji Aceh Mulai Berangkat ke Tanah Suci

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Sebanyak 393 jemaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang pertama telah diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah untuk menunaikan rukun Islam kelima itu. Dua jemaah gagal berangkat karena sakit.

Jemaah haji Kloter Pertama berasal dari Langsa, Aceh Timur, dan Aceh Besar. Mereka diberangkatkan kemarin sore melalui Embarkasi Banda Aceh Bandar Udara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang.

Musim haji 2016, Aceh mendapat kuota sebanyak 3.140 jemaah. Kuota ini dirasa masih kurang karena tingginya animo masyarakat Aceh untuk berhaji. Hingga Juni, sebanyak 78.115 calon jemaah masih berada di daftar tunggu –bisa sampai 25 tahun.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengaku Pemerintah Aceh tengah melobi Pusat agar memberikan kuota tambahan untuk Aceh agar masa tunggu tidak terlalu lama. Namun, penambahan itu terkendala renovasi Masjidil Haram yang tengah dilakukan Kerajaan Arab Saudi.

“Insya Allah tahun depan selesai, kuota untuk Aceh akan ditambah,” ujar Zaini saat melepas keberangkatan Kloter I di Asrama Haji Banda Aceh. []

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top