Jemaah Haji yang Meninggal Dunia Asal Aceh Jadi 5 Orang

0
436
Dalam Kondisi Cuaca Ekstrem, JCH Aceh Kloter 8 Selesaikan Umrah Wajib
Jemaah haji menunaikan ibadah umrah wajib di Masjidil Haram, Makkah. (Foto: Dok. Kemenag Aceh)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Jemaah haji asal Aceh yang meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi, bertambah menjadi 5 orang. Senin malam (12/8), seorang jemaah asal Titeu Kabupaten Pidie dilaporkan meninggal dunia di Mina, Makkah, Arab Saudi.

“Inna lillaahi wa innaa ilaihi raji’un. Seorang Jemaah Haji asal Aceh yang tergabung dalam kloter 11-BTJ, Bungsu binti Daud Cut Agam, 68 tahun, pemegang paspor C2884955 asal Titeu, Kabupaten Pidie, meninggal dunia di Mina, Senin (12/8) malam,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, M Daud Pakeh, Selasa (13/8).

Ia mengatakan dengan meninggalnya Bungsu, hingga saat ini sudah lima jemaah calon haji asal Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi. Sebelumnya Salmiyah binti Muhammad Daud (69) asal Pidie Jaya, yang tergabung dalam kloter 1, meninggal dunia di RS King Faisal, Syisyah Makkah, Sabtu (3/8), dan Hazanah binti Muhammad Yusuf (63) dari kloter 2, asal Aceh Timur meninggal dunia pada Minggu (4/8).

Sedangkan dua lainnya Abdurahman Chasbullah Surati (62) dari kloter 2 asal Banda Aceh, meninggal pada Senin (5/8), dan Tarmizi bin Bungsu Agam (76) dari kloter 10 asal Aceh Selatan meninggal pada Kamis (8/8).

Lebih lanjut, Daud Pakeh memastikan secara umum jemaah haji Aceh dalam keaadaan sehat dan aman. “Alhamdulillah jemaah kita (Aceh) dalam kondisi sehat dan baik-baik saja. Bahkan pada saat kondisi cuaca buruk itu, jemaah kita tidak mengurungkan niatnya berangkat ke lokasi jamarat yang berjarak 3 KM dari tenda pemondokan,” ujarnya.

Sementara berdasarkan laporan dari petugas kloter yang mendampingi jemaah Aceh, kata Daud, yang menjadi keluhan jemaah Aceh yang mendominasi saat ini hanya lemas akibat kelelahan fisik usai kembali dari jamarat, yaitu seperti batuk, nyeri tenggorokan, dan pilek.

“Mereka yang telah kembali dari jeamarat sekarang sedang istirahat untuk memulihkan kondisi badan. Istirahat cukup, makan dan minum yang baik. Mohon doanya untuk semua jemaah kita agar sehat dan menjadi haji mabrur,” ujar Daud.

Selain itu, ia menyebutkan bahwa saat ini juga ada beberapa jemaah haji Aceh yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi, Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah dan juga dirawat di tenda.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.