Connect with us

Jembatan Krueng Tingkeum Makin Rawan

Foto: Halim Mubary

Berita

Jembatan Krueng Tingkeum Makin Rawan

BIREUEN | ACEHKITA.COM – Jembatan Krueng Tingkeum Kutablang, Bireuen di lintasan Banda Aceh – Medan kondisinya semakin rawan untuk dilewati kendaraan, terutama jenis truk dengan muatan tinggi, karena kemiringannya sudah di atas 20 derajat.

Mengantisipasi kondisi tersebut, pihak Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) intensif melakukan perbaikan jalan alternatif yang meliputi tiga kecamatan, dalam Kabupaten Bireuen, yang akan dilewati kendaraan dari Banda Aceh ke Medan atau sebaliknya.

“Sejak tiga hari lalu, para pekerja sedang memacu perbaikan jalan yang akan dilewati kendaraan, karena kondisi jembatan Kutablang semakin rawan mengingat kemiringannya yang sudah mencapai lebih 20 derajat,” kata Kabid Bina Marga, Fadli Amir kepada wartawan Selasa, 24 Januari 2017.

Amatan acehkita.com, hingga Selasa, kendaraan masih melintasi jembatan Krueng Tingkeum, Kutablang, namun aparat kepolisian dibantu warga sekitar, mulai membatasi kendaraan yang melintas, terutama jenis truk dengan tonasi tinggi.

“Karena jembatan semakin miring, maka petugas kami masih memberlakukan sistem buka tutup untuk mencegah kepadatan dan beban tinggi,” ujar AKBP Heru Novianto, Kapolres Bireun.

Pihaknya mengingatkan para pengemudi untuk berhati-hati melintasi jembatan Kutablang dengan mematuhi petugas di lapangan. “Dan untuk kendaraan yang dialihkan ke jalan alternatif, juga memperhatikan kondisi jalan yang sempit dan labil, mengingat ada sejumlah titik ruas jalan yang sedang diperbaiki,” kata Heru.

Plt Bupati Bireuen, Mukhtar Abda mengatakan, ada tiga kecamatan yang wilayahnya akan dijadikan jalan alternatif, jika jembatan Kutablang nantinya resmi ditutup untuk pembongkaran dan pembangunan baru. “Untuk itu tiga camat yaitu Kutablang, Peusangan Siblah Krueng, dan Peusangan sudah dipanggil Pemkab Bireuen guna menyosialisasikan kepada warga masing-masing, dan melakukan koordinasi dengan para keuchik, agar pengalihan jalan berjalan baik dan lancar nantinya,” kata Mukhtar. []

Continue Reading
Baca juga...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita

To Top