Connect with us

Kakanwil Lepas Kafilah MQK Nasional VI Aceh ke Jawa Tengah

Aceh

Kakanwil Lepas Kafilah MQK Nasional VI Aceh ke Jawa Tengah

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh melepas secara resmi kebarangkatan 53 Kafilah Musabaqah Qiraatul Kutub  (MQK) Tingkat Nasional ke-6 Tahun 2017 Provinsi Aceh menuju Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadiin Balekambang, Jepara, Jawa Tengah, di Hotel Jeumpa, Banda Aceh, Selasa (28/11) Malam.

Pada event MQK Nasional VI tahun 2017 ini Aceh mengirim 53 peserta dengan rincian 22 putri dan 31 Putra serta 24 orang Pendamping dan official.

“Kontingen Aceh akan mengikuti lomba baca kitab, debat bahasa Arab dan inggris pada tiga marhalah (tingkatan) yaitu Ula, Wustha,dan Ulya,” ujar Ketua panitia H. Rusdy, dalam laporannya.

Sementara Kakanwil Kemenag Aceh dalam sambutannya meminta kepada santri yang akan mewakili Aceh agar berusaha dan berjuang memberikan yang terbaik pada perlombaan baca kitab tingkat nasional ini, sehingga dapat mengharumkan  Aceh di kancah  Nasional.

“Santri Aceh memiliki kesempatan untuk mempertahankan nama besar Dayah Aceh dalam konteks nasional, karena saya yakin peserta ini adalah santri atau pernah nyantri di Dayah,” ujar Kakanwil.

Ia juga berpesan kepada peserta Kontingen MQK Nasional VI Aceh untuk senantiasa giat belajar, berlatih sebagai usaha dan berdoa. Daud berharap bisa memperbaiki prestasi Aceh pada ajang MQK Nasional kali ini.

“Tahun 2011 Aceh menempati posisi lima besar dan posisi sembilan pada tahun 2014. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa mengukir kembali prestasi gemilang tingkat Nasional pada MQK Nasional VI di Jawa Tengah, karena kitab kuning adalah ruh dari pondok pesantren,” lanjut Kakanwil.

Tahun ini seleksi tingkat provinsi Aceh diikuti antusias peserta yang tinggi  dari Kabupaten/Kota. Jumlah peserta yang ikut seleksi tingkat provinsi sebanyak 368 orang dari 19 Kabupaten/Kota,  sementara tahun sebelumnya hanya sekitar 225 peserta perwakilan dari 9 Kabupaten/Kota. “Tahun ini hampir seluruh Kabupaten/Kota mengirimkan utusan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi,” jelas Daud Pakeh. “Terimakasih juga kepada Abu pimpinan Dayah, karena telah mengizinkan santrinya untuk menjadi tim Kafilah Aceh, mohon doanya semoga kafilah Aceh berjaya di Jepara,” lanjutnya.

Usai pelepasan tadi malam, Kontingen Aceh akan berangkat ke Jepara melalui melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar menuju Bandara Achmad Yani, Semarang, Jawa tengah, hari ini, Rabu (29/11).

Hadir pada pelepasan Kontingen Aceh, Kabid PD Pontren, Drs.H. Djulaidi, MA, pejabat Eselon IV di lingkungan Kemenag Aceh, Pelatih, guru Ust/Tgk dan sejumlah tamu undangan.

Gelaran MQK Nasional ke VI ini akan berlangsung dari 29 November hingga 7 Desember 2017. [rilis]

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top