Kapal Pembawa Rombongan Pengajian dari Sabang Tenggelam di Perairan Pulo Aceh

0
524
Kapal Pembawa Rombongan Pengajian dari Sabang Tenggelam di Perairan Pulo Aceh
Penumpang kapal yang tenggelam di perairan Pulo Aceh berhasil dievakuasi. (Foto: Dok. Polsek Pulo Aceh)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebuah kapal motor bernama KM SKPT 29 yang membawa rombongan pengajian dari Sabang tenggelam di perairan laut Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Kamis (20/6) sekira pukul 12.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan kapal tersebut.

Kapolsek Pulo Aceh Iptu Fadli Saputra menyebutkan, KM SKPT 29 yang tenggelam di arus Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh tersebut berangkat dari Sabang bersama KM SKPT 23. “Kedua kapal membawa rombongan pengajian dari Sabang dengan tujuan ingin berziarah di kuburan Alm Abu Adenan Pulo (Abu Cek Pulo) di Gampong Lampuyang, Kecamatan Pulo Aceh,” ujarnya saat dikonfirmasi pada Kamis (20/6) malam.

Ia menyampaikan dalam pelayaran sekitar 2 mil dari arus Lampuyang Pulo Aceh, KM SKPT 29 yang dinakhodai oleh Marzuki dengan membawa 30 penumpang tersebut oleng akibat dihantam ombak besar. Karena dihantam ombak besar angin Selatan membuat kapten kapal tidak mampu lagi mengendalikannya, sehingga kapal tenggelam kurang lebih 2 mil dari arus Lampuyang.

Begitu KM SKPT 29 tenggelam, para penumpangnya langsung diselamatkan oleh KM SKPT 23 yang juga berangkat berbarengan dari Sabang dengan tujuan Gampong Lampuyang, Pulo Aceh. Para penumpang itu kemudian dievakuasi oleh KM SKPT 23 ke Gampong Gugop, Kecamatan Pulo Aceh.

“Sampai saat ini seluruh penumpang dan kapten kapal dalam keadaan selamat di Gampong Lampuyang, Pulo Aceh,” kata Kapolsek Pulo Aceh.

Sementara itu, Kepala SAR Banda Aceh Budiono mengatakan pihaknya akan melakukan penjemputan korban kecelakaan kapal tenggelam di perairan Lampuyang pada Jumat (21/6) pagi. “Esok Jumat pukul 07.30 WIB, Kapal SAR KN Kresna akan melakukan penjemputan korban dari Lampuyang menuju Balohan Sabang,” sebutnya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.