... ... Karim Tiro Tolak Gantikan Posisi Ayahnya – ACEHKITA.COM
Berita

Karim Tiro Tolak Gantikan Posisi Ayahnya

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Karim Tiro, anak semata wayang deklarator Aceh Merdeka, menolak menggantikan posisi ayahnya di tubuh Gerakan Aceh Merdeka. Di kalangan GAM, Hasan Muhammad di Tiro dikenal sebagai wali nanggroe. Karim yang bermukim di Amerika Serikat lebih memilih menjadi dosen di Jurusan Sejarah Universitas Xavier Cincinnati, Ohio.

Karim Tiro tengah berdiskusi dengan mahasiswa di Universitas Xavier Cincinnati, AS. --Foto: AP

Karim Tiro tengah berdiskusi dengan mahasiswa di Universitas Xavier Cincinnati, AS. --Foto: AP

“Karim tidak sanggup meneruskan cita-cita ayahnya. Semua diserahkan pada keluarga ayah di sini tentang siapa yang lebih sesuai akan menggantikan wali,” kata Fauzi Zainal Abidin, keponakan Hasan Tiro, kepada wartawan usai menerima berkas kewarganegaraan Hasan Tiro yang kembali diakui sebagai Warga Negara Indonesia, Rabu (2/6).

Karim Tiro kini merupakan asisten profesor sejarah di Universitas Xavier Cincinnati, Ohio, Amerika. Ia merupakan anak tunggal Hasan Tiro dari istrinya yang berkebangsaan Amerika, Dora. Belum ada kabar apakah Karim akan ke Aceh untuk menjenguk ayahnya yang tengah mendapat perawatan intensif di ruang ICCU Rumah Sakit Umum Dr Zainoel Abidin sejak sepekan lalu.

Fauzi Zainal Arifin yang bermukim di Desa Tanjong Bungong, Kecamatan Sakti, Pidie, ini mengaku sudah beberapa kali berhubungan dengan Karim Tiro via saluran telepon internasional dan surat elektronik. Fauzi selalu berpesan agar Karim meluangkan waktu berkunjung ke Aceh, menjenguk sang ayah.

”Saat pertama ayahnya kritis, saya menghubunginya dan meminta dia pulang, untuk memberi penghormatan pada ayahnya. Dia bilang akan berkonsultasi dengan keluarganya yang ada di Amerika dahulu, sebelum mengiyakan. Dia berjanji akan mengabarkan pada saya, kalo jadi pulang,” ujar Fauzi. []

32 Comments
To Top