Connect with us

Kebakaran Hutan Tangse Akibat Pembukaan Lahan Baru

Berita

Kebakaran Hutan Tangse Akibat Pembukaan Lahan Baru

ACEHKITA.COM | PIDIE – Kebakaran hutan seluas sekitar 50 hektare di Desa Krueng Seukeuk, Kecamatan Tangse, Pidie, ternyata disebabkan oleh pembukaan lahan baru.

Hal itu terungkap saat acehkita.com menuju ke titik api pada Sabtu, 26 Agustus 2017 siang, bersama tim gabungan terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie, Federasi Ranger Aceh, dan Polisi Hutan.

Setelah menempuh sekitar dua jam pendakian, tim akhirnya tiba di titik api. Di sana, terdapat dua warga yang sedang membakar ranting kayu.

Keduanya mengaku telah membakar ranting kayu di lahan baru itu sejak Rabu, 23 Agustus 2017. Mereka sengaja membakar ranting kering agar lahan dapat segera dikelola.

“Kami rencananya ingin berkebun di sini, makanya kami bakar biar cepat dapat diolah,” kata pemilik lahan, Wahid.

Namun ia membantah jika akibat dari pembakaran di lahan baru miliknya itu api menjalar hingga ke pohon pinus.

“Sebelum membakar ranting, kami sudah terlebih dahulu membersihkan ilalang di sekitar lahan agar tidak menjalar,” ujar Wahid.

Pantauan acehkita.com, jarak lahan baru milik Wahid dengan pohon pinus yang masuk dalam areal hutan lindung hanya sekitar seratus meter.

Oleh tim gabungan, Wahid diberi arahan tentang pembukaan lahan baru dan bahayanya pembakaran hutan. Usai itu, api dipadamkan.

[]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita

To Top