Connect with us

Keluar Lapas, Napi Narkoba Ditangkap Polisi

Aceh

Keluar Lapas, Napi Narkoba Ditangkap Polisi

Banda Aceh | ACEHKITA.COM – Narapidana (Napi) kasus narkoba, berinisial G ditangkap aparat Kepolisian Resor Kota Banda Aceh karena berada di luar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Lambaro, Banda Aceh. “Dia berada di luar Lapas secara ilegal,” kata Kapolresta Banda Aceh, Kombes Polisi Teuku Saladin dalam konferensi pers di kantornya, Kamis 2 November 2017.

Menurut Saladin, keberadaan Napi G berdasarkan informasi dari masyarakat yang melaporkan dia berada di luar Lapas dan diduga akan melakukan transaksi narkoba. Polisi kemudian menangkap Ge pada Minggu malam lalu. “Apakah keberadaannya di luar terkait narkoba, belum dibuktikan. Yang jelas dia keluar Lapas tidak sesuai prosedur,” katanya.

Saladin mengharapkan petugas Lapas dapat menertibkan Napi dan memberikan kesibukan kepada mereka dengan berkarya di dalam Lapas. Kepala Lapas diminta untuk membuat para napi lebih tertib dan petugas sipir tidak sembarangan mengeluarkan Napi.

“Lapas bukan negara, tolong diperhatikan ini untuk para Napi, kita (polisi) masih bisa masuk. Jangan satu kasus belum selesai, muncul kasus lain lagi,” tegas Saladin.

Sementara itu Kapalas Kelas II A Lambaro, Endang Lintang mengakui Napi binaannya keluar secara ilegal. Menurutnya, Napi G dikeluarkan oleh seorang oknum sipir di sana, bukan oleh lembaga. “Oknum itu sudah dipanggil dan akan kita berikan sanksi,” katanya.

Menurut Endang, Napi tersebut keluar setelah meminta izin dengan alasan keluarganya sakit. Izin tersebut tidak disertai dengan surat dan permintaan resmi sehingga tidak sesuai aturan. Kasus ini selanjutkan akan menjadi perhatian pihaknya untuk menertibkan Napi ke depan.

Saat ini Lapas Kelas II A Lambaro dihuni oleh 549 Napi dan belum dikategorikan over kapasitas. Terdapat dua orang napi yang sedang di luar menjalani proses asimilasi. Keberadaan Napi selalu diperiksa 3 hari sekali oleh petugas Sipir. []

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top