Connect with us

Ketua Liga Parlemen Jepang-Indonesia Kunjungi Aceh

Internasional

Ketua Liga Parlemen Jepang-Indonesia Kunjungi Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Ketua Liga Parlemen Jepang-Indonesia Toshihiro Nikai akan tiba di Provinsi Aceh siang ini, Rabu (25/11/2015). Di Aceh, Nikai akan berkunjung ke sejumlah situs tsunami.

Informasi yang diperoleh acehkita.com dari Atase Pers Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Nikai yang juga ketua General Council Liberal Democratic Party Jepang telah beberapa hari ini berada di Indonesia.

Kunjungan Nikaibke Aceh sebagai bentuk empati dan simpati terhadap masyarakat Aceh yang pernah dilanda bencana tsunami 11 tahun lalu. Nikai ingin menyampaikan bela sungkawa kepada warga Aceh –apalagi Jepang juga salah satu negara yang telah beberapa kali dilanda tsunami.

Di Aceh, Nikai akan berziarah ke makam massal tsunami di Siron, Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar –tempat dimakamkan lebih 46 ribu korban tsunami. Nikai juga akan menaman pohon di Museum Tsunami, berkunjung ke bangunan penyelamatan (escape building) yang pembangunannya didanai Jepang, dan terakhir mengunjungi kapal PLTD Apung yang terdampar di tengah-tengah permukiman penduduk Desa Punge.

Aceh yang berada di jalur rawan gempa dilanda tsunami pada Ahad pagi, 26 Desember 2004 lalu, setelah kawasan ini diguncang gempa berkekuatan 9.1 pada skala Richter. Tsunami menyebabkan lebih 170 ribu warga Aceh meninggal, sekitar 120 ribu rumah hancur, 500 ribu warga mengungsi, dan merusak 800 kilometer garis pantai –setara garis pantai sepanjang Jakarta-Surabaya. Ini merupakan bencana alam terbesar dunia dalam 50 tahun terakhir ini. []

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Internasional

To Top