Connect with us

Kisah Laksamana Malahayati Akan Difilmkan

Aceh

Kisah Laksamana Malahayati Akan Difilmkan

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kisah kegigihan laksamana perang perempuan pertama di dunia: Laksamana Malahayati, rencananya akan segera difilmkan. Meskipun perempuan, pimpinan pasukan Inoeng Balee tersebut tidak gentar melawan penjajah yang menyerbu Kesultanan Aceh pada abad ke-16 silam.

Rencana untuk memfilmkan kisah pahlawan nasional asal Aceh ini diungkapan Panglima Kodam Iskandar Muda Mayor Jenderal TNI Moch Fachrudin usai pelaksanaan upacara peringatan hari pahlawan nasional di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Jumat, 10 November 2017.

“Jikalau dibuatkan film mungkin sejarah kegigihan Laksamana malahayati tidak akan mudah dilupakan. Generasi sekarangkan mungkin tidak terlalu suka lagi membaca,” kata Fachruddin kepada wartawan.

Dukungan yang sama juga disampaikan Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda. Pihaknya sangat mendukung apa yang diusulkan oleh Panglima Kodam IM. “Kami selaku pimpinan DPRA mengapresiasi apa yang disampaikan Pak Pangdam,” kata Sulaiman.

“Kami sangat mendukung karena ini adalah warisan-warisan yang nantinya sangat berguna untuk anak cucu kita, bangsa dan negara,” lanjutnya lagi.

Menurutnya, pemerintah pusat telah memberi penghargaan yang luar biasa kepada Laksamana Malahayati dengan memberi gelar pahlawan nasional.

“Penghargaan pemerintah pusat luar biasa kepada Laksamana Malahayati. Kami sangat menghargai dan sangat membantu jikalau nanti difilmkan,” katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah Aceh Dermawan juga menyampaikan hal serupa. Ia juga mengapresiasi penganugerahan gelar pahlawan kepada Laksamana Malahayati. Pihaknya juga sangat mendukung rencana pembuatan film kisah pahlawan Aceh itu.

“Ini ide positif. Pemerintah Aceh sangat mendukung. Saya kira mendokumentasikan hal ini sangat layak untuk dilakukan,” pungkas Dermawan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Aceh

Advertisement

ACEHKITA TV

Trending

Kolom

cermin

Kolom

Cermin

By Nov 22, 2017

Kuliner

Facebook

To Top