Komitmen Bersama Hadirkan Pemilu Damai 2019 di Aceh

0
841
Komitmen Bersama Hadirkan Pemilu Damai 2019 di Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Tahapan Kampanye untuk Pemilu Serentak 2019 resmi dimulai. Untuk provinsi Aceh, tahapan kampanye dimulai usai deklarasi kampanye damai yang digelar Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Ahad 23 September 2018.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan KPU telah menetapkan bahwa Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang. Mulai hari ini sampai 13 April 2019, aktivitas kampanye dimulai.

“Kami berharap pelaksanaan kampanye berjalan lancar sehingga pesta demokrasi di Aceh berjalan dengan damai, aman dan tertib,” ujarnya dalam sambutan pada Deklarasi Kampanye Damai Peserta Pemilu 2019 di Aceh.

“Deklarasi ini harus bisa menjadi acuan bersama dan dipatuhi semua pihak, sehingga menjadi landasan untuk menghadirkan semangat pemilu yang berkualitas di Aceh,” sambung Plt Gubernur Aceh. (Baca: Peserta Pemilu 2019 di Aceh Deklarasi Kampanye Damai)

Nova mengatakan, demi terlaksananya pemilu damai, seluruh pimpinan partai politik, ulama, tokoh masyarakat, akademisi, dan seluruh elemen masyarakat Aceh untuk tidak menyebarkan hoaks dan kebencian.

“Kedepankan kepentingan bersama di atas segala perbedaan, serta dengan mengatakan tidak pada politik uang,” ujar Nova.

Selanjutnya, Nova mengajak masyarakat menjauhi segala sikap dan aksi yang bisa mencederai tegaknya demokrasi di Aceh. Yang tidak kalah pentingnya, kata Nova, perbedaan pilihan, membuat masyarakat Aceh menjadi terpecah belah dan tercerai berai.

“Mudah-mudahan deklarasi kampanye damai pemilu 2019 pada hari ini menjadi awal yang baik bagi kita demi suksesnya pemilu 2019 yang damai dan berkualitas di Aceh,” kata Nova.

Sebelumnya, komisioner KIP Aceh Akmal Abzal melaporkan tema deklarasi ialah “Anti-SARA dan Anti-hoax untuk Pemilih Berdaulat dan Negara Kuat”. Kampanye yang juga digelar serentak di seluruh Indonesia itu dihadiri Plt Gubernur Aceh Nova iriansyah, Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak, Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, Wali Nanggroe Tgk Malik Mahmud Alhaythar, serta unsur Forkopimda dan peserta Pemilu 2019 dan masyarakat.

“Sampaikan materi kampanye secara sopan, mendidik, bijak dan tidak provokatif,” kata Akmal. Para calon diminta untuk tidak membohongi rakyat dengan janji-janji selama kampanye.

Dimeriahkan penampilan band Apache13, KODA dan RialDoni, agenda deklarasi tersebut disertai dengan pembacaan ikrar bersama dan penandatanganan prasasti deklarasi kampanye damai oleh ketua dari 20 Partai Politik dan para calon anggota DPD, serta pelepasan burung merpati. Terakhir dilanjutkan dengan pawai menggunakan mobil hias berkeliling kota Banda Aceh.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.