KPK Dalami 371 Kasus Dugaan Korupsi Aceh

1
746

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqaddas mengatakan, lembaganya sedang mendalami 371 dari 997 kasus dugaan korupsi Aceh yang dilaporkan sepanjang 2003 hingga 2012.

Busyro merincikan, dari 997 kasus itu, 131 kasus telah diteruskan kepada instansi terkait untuk ditindaklanjuti. Kemudian, sebanyak 78 kasus diteruskan kembali kepada pelapor dan sebanyak 371 kasus yang sedang didalami di internal KPK. Sedangkan 470 kasus lainnya merupakan laporan yang diterima pihaknya dari pelapor tanpa identitas.

“Paling banyak adalah kasus yang dilapor oleh pelapor tanpa menyebutkan identitas dan bukti awal yaitu sebanyak 470 kasus,” kata Busyro di Banda Aceh, Selasa (20/11/2012).

Sedangkan sebagian kasus ada yang sudah ke tingkat pengadilan seperti kasus korupsi yang melibatkan mantan Gubernur Aceh Abdullah Puteh dan mantan Bupati Aceh Utara Ilyas Pase.

Sementara terkait kasus dugaan korupsi pengadaan alat CT Scan, KPK sudah melimpahkan kasus tersebut ke Mabes Polri untuk diperiksa karena pada saat awal pemeriksaan tidak ditemukan pejabat negara yabg terlibat.

“KPK hanya memeriksa pejabat negara. Sedangkan yang lain tidak ada wewenang sehingga kasus CT Scan diserahkan ke Mabes Polri,” ujarnya.

Busyro menambahkan, jumlah itu merupakan laporan dengan angka yang jelas. “Setelah kita lakukan perbaikan dan pencegahan maka sekarang sudah ada perbaikan,” tutupnya.[]

1 COMMENT

  1. Praktek Korupsi di tanah serambi Mekkah harus di tindak secara hukum yang adil. Jika dia terbukti semoga pemerintah tidak pandang bulu. Tidak hanya di Banda Aceh. Tapi di daerah pun harus di selidiki. Korupsi menghambat kemajuan pembangunan dan mental bangsa ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.