Kuliner Aceh dan Soedarmo

0
2850
Plt Gubernur Aceh, Mayjen Purn Soedarmo berfoto bersama dr. H. Zaini Abdullah, Gubernur Petahana yang cuti untuk mengikuti Pilkada usai diresmikan di Kemendagri, Jakarta, Kamis 27 Oktober 2016.

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Kuliner Aceh seperti cocok dengan lidah Pelaksana Gubernur Aceh, Soedarmo. Baru sebulan bertugas sebagai kepala Pemerintahan Aceh, pensiunan jendral TNI bintang dua ini, langsung memuji masakan Aceh.

“Untuk makanan Aceh, hanya ada dua komentar saya: enak dan enak sekali,” ujar Soedarmo memuji kelezatan kuliner Aceh di hadapan Presiden dan para Pengurus Dunia Melayu Dunia Islam, Tan Sri Muhammad Ali bin Mohd Rustam, di Anjong Mon Mata Komplek Pendapa Gubernur Aceh, Minggu (04/11/2016).

Selama di Aceh, Soedarmo diketahui sudah mencicipi banyak makanan khas. Ia terlihat pernah menyantap ayam tangkap serta kuah beulangong di sebuah warung makan di Banda Aceh dan Aceh Besar. Di lain waktu, ia juga mencoba kuliner ikan segar di beberapa warung nasi.

Sementara di tiap acara pemerintahan yang digelar di restoran meuligo gubernur, sajian yang dihidangkan juga melulu menu khas Aceh. Biasanya, yang diatur di atas meja di hadapan Soedarmo adalah kudapan khas. Ada kuah beulangong, udang tumis, hingga bebek masak Aceh.

“Selama sebulan, berat badan saya naik hingga empat kilo,” ujar Soedarmo di depan para tamu asal Malaysia. []
MH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.