Connect with us

Lucu-lucuan Ala Petani

Feature

Lucu-lucuan Ala Petani

Ada-ada saja ulah para petani. Lucu-lucuan dan terkesan mengajak Jokowi bersenda.

Andi Abdul Hafid mencoba menerobos pasukan pengaman saat Presiden Joko Widodo mengundang tiga petani kakao. Ia tak tembus, dihalangi dan kemudian kembali ke barisan.

Presiden tertawa. “Itu yang nerobos, ayo kemari,” ujar Jokowi, mengundang ia ke atas panggung. Hafid tertawa. Berlari sambil cengengesan sambil menghadap Jokowi di atas panggung.

Jokowi kemudian menyuruh empat petani kakao di atas panggung untuk menyampaikan keluh-kesahnya terkait pertanian kakao di Indonesia. Semua bercerita, lantas diberi hadiah sepeda hingga kemudian tiba pada giliran ke empat yaitu Hafid.

Pada Hafid, Jokowi tak bertanya seputar kakao. Bekas Gubernur DKI Jakarta itu malah bertanya seputar aksinya yang ngotot saat menerobos pasukan pengaman presiden.

“Kenapa tadi seperti ngotot mau ke mari. Saya kan panggilnya tiga orang,” ujar Jokowi dengan gaya khasnya.

“Keadilan sosial bagi seleruh rakyat Indonesia,” kata Hafid membaca sila ke lima dalam Pancasila. Saat seluruh yang hadir di Stadion Harapang Bangsa mulai tertawa, Hafid melanjutkan alasannya menerobos paspampres. “Kalau Sulawesi Selatan tidak kebagian (jumpa langsung dengan Jokowi – red), itu silanya tidak berlaku dong.”

Jokowi tertawa. Gubernur tertawa. Seluruh yang hadir ikut tertawa. Jawaban polos Hafid bagaikan sebuah hiburan.

“Sana ambil sepedanya,” ujar Jokowi yang tak lagi bertanya seputar kakao pada Hafid.

Sebelum turun panggung, Abd Hafid yang berasal dari Bantaeng Sulawesi Selatan masih sempat-sempatnya minta foto. “Permintaan saya pertama foto berdua (sama presiden), kemudian foto berempat sama Pak Menteri dan Gubernur Sulsel,” ujar Hafid. Tawa yang hadir semakin besar saja.

“Ini acara buka Penas kok jadi acara buka foto-foto?,” ujar Jokowi. Presiden hanya melayani foto berdua, kemudian menyuruh Hafid berfoto masing-masing dengan Menteri Pertanian dan Gubernur Sulawesi Selatan sebelum Hafid turun mengambil sepeda hadiah dari Jokowi.

Saat turun dari panggung, ia masih sempat-sempatnya berkeliling dengan sepeda hadiah Jokowi di lapangan depan panggung utama. Saat itu Jokowi masih di atas panggung, melihat Hafid sambil tertawa.

Hafid menyebutkan, ia masih tak menyangka bisa berjumpa langsung dengan presiden apalagi berfoto dan mendapatkan hadiah sepeda dari Jokowi. “Saya tidak menyangka dan sepeda ini akan saya bawa pulang sepeda ini ke Bantaeng,” ujar Hafid.

Hafid, lelaki yang disebut Jokowi sebagai petani pintar yang hafal Pancasila itu menjadi primadona. Banyak yang minta berfoto meski kemudian ia juga minta difoto dengan kamera genggamnya. Wartawan telivisi yang mewawancarai ia pun diajak untuk menjadi sosok dalam gambar koleksinya. []

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Feature

To Top