Connect with us

Mahasiswa Asing di UIN Didominasi Warga Malaysia

Kampus

Mahasiswa Asing di UIN Didominasi Warga Malaysia

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Ratusan mahasiswa asing kini tengah menempuh pendidikan di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Mereka didominasi oleh mahasiswa asal Negeri Jiran Malaysia.

Kepala Sub Bagian Informasi Akademik UIN Ar-Raniry, Partono menyebutkan jumlah mahasiswa asing yang menempuh pendidikan Sarjana (S1) dan Diploma di kampus tersebut cenderung fluktuatif dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data per Kamis (14/01/2016), jumlah total mahasiswa asing yang sedang kuliah adalah 244 orang. “Tapi itu jumlah keseluruhannnya, namun di antara mereka ada yang sedang non-aktif juga,” tutur Partono kepada acehkita.com, Kamis.

Sejak 2010 sampai 2015 jumlah mahasiswa yang berstatus Warga Negara Asing (WNA) semakin bertambah. Namun, pada 2014 lalu, jumlah mereka sempat berkurang. “Saya tidak tahu pasti apa penyebabnya,” beber Partono.

Pada 2010 tercatat bahwa jumlah mahasiswa asing hanya 12 orang. Namun, jumlah mereka meningkat 14 orang pada 2011.

Peningkatan signifikan terjadi pada 2012, jumlah mereka terus bertambah menjadi 63 orang dan kembali turun pada 2013 sampai dengan 2014.

Hingga saat ini, jumlah mereka tercatat sebanyak 61 orang. “Itu yang paling banyak dari Malaysia, selebihnya ada yang dari Thailand, bahkan tahun ini mereka ada yang dari Maroko satu orang,” tutup Partono. []

GHASYIA (Mahasiswa Muharram Journalism College) | FOTO: Zuhri Noviandi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kampus

To Top