Mahasiswa Singkil di Banda Aceh Galang Dana untuk Korban Kabut Asap Riau

0
355
Mahasiswa Galang Dana untuk Korban Kabut Kabut Asap di Riau
Mahasiswa melakukan penggalangan dana di Kota Banda Aceh untuk korban kabut asap di Riau, Rabu 18 September 2019. (Foto: Ucok/acehkita.com)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Puluhan mahasiswa dari Komunitas Inisiatif Pemuda Singkil di Kota Banda Aceh menggelar penggalangan dana di sejumlah perempatan jalan di Banda Aceh, pada Rabu (18/9). Penggalangan dana ini dilakukan guna membantu korban kabut asap di Provinsi Riau.

Pantauan acehkita, mahasiswa menggalang dana sejak Rabu pagi di Simpang Lampriet. Mereka membawa kotak kardus dan mengutip sumbangan dari setiap pengguna jalan yang berhenti ketika lampu merah.

Selain kotak kardus, mereka juga membawa poster yang menampilkan gambar kebakaran hutan dan lahan. Poster tersebut turut menuliskan, “Atasi bencana kabut asap”.

Koordinator Komunitas Inisiatif Pemuda Singkil, Deri Irawan, menuturkan penggalangan dana itu dilakukan mulai Rabu hingga beberapa hari ke depan. Dana yang terkumpul nantinya dikirim ke korban kabut asap di Riau.

“Kita melakukan ini karena panggilan hati, sayang saudara-saudara di sana tidak bisa beraktivitas. Penerbangan dihentikan, jarak pandang susah karena kebakaran hutan itu,” kata Deri, Rabu (18/9).

Menurut Deri, selain di Simpang Lampriet, penggalangan dana juga digelar di Simpang BPKP, dan Simpang Jambo Tape. Mereka juga mengumpulkan dana dengan cara mengamen di warung kopi pada malam hari.

Sebelumnya, pada Selasa (17/9) sore, puluhan mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggelar demonstrasi di Simpang Lima, Banda Aceh. Dalam aksinya, mereka menuntut Presiden Joko Widodo bertindak tegas untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan, seperti kebakaran hutan.[]

HABIL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.