Menpar Luncurkan COE Aceh 2019, Tiga Agenda Masuk Kalender Wisata Nasional

0
630
Menpar Luncurkan COE Aceh 2019, Tiga Agenda Masuk Kalender Wisata Nasional
Penampilan Tari Ratoh Jaroe Sanggar Rumoh Budaya memeriahkan peluncuran Calender of Event Aceh 2019. Foto: Dok. GenPI Aceh

JAKARTA | ACEHKITA.COM – Menteri Pariwisata, Arief Yahya, meluncurkan Calender of Event (COE) Aceh 2019. Terdapat 100 agenda wisata di Aceh sepanjang 2019, tiga di antaranya masuk kalender event nasional.

Peluncuran COE Aceh 2019 digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (22/3) malam. Mengusung tema “Aceh Hebat melalui Ragam Pesona Wisata 2019”, kegiatan ini turut dihadiri Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

“Launching Calendar of Event Aceh 2019 bertujuan untuk memperkenalkan ragam daya tarik wisata dan keunikan atraksi daerah kepada wisatawan. Serta menarik minat wisatawan berkunjung ke Aceh,” sebut Nova.

Nova menambahkan, nantinya diharapkan dapat membangun semangat dan komitmen Pemerintah Kabupaten/Kota dalam memperkenalkan daerahnya masing-masing sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman, dan halal bagi setiap wisatawan.

Melalui peluncuran tersebut, kata Nova, diharapkan Menteri Pariwisata dan jajarannya akan terus memberikan semangat dan dukungan kepada Aceh, dalam rangka menjadikan daerah di ujung Pulau Sumatera itu sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin mengatakan, dengan peluncuran COE Aceh 2019 di Jakarta akan berdampak positif pada perkembangan industri pariwisata di Aceh, serta semakin memperkuat posisi Aceh sebagai destinasi wisata halal yang patut diunggulkan di kawasan paling barat Republik Indonesia ini.

Jamaluddin menyatakan, tahun ini Pemerintah Aceh melalui Disbudpar menargetkan angka kunjungan wisatawan nusantara di Aceh sebanyak tiga juta jiwa dan wisatawan mancanegara 150 ribu orang.

Sementara, angka kunjungan wisatawan muslim ke Aceh, sebut Jamal, diharapkan akan meningkat, dari 35 ribu pada 2018 menjadi 40 ribu pada 2019.

Lebih lanjut, Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani, menyampaikan Calender of Event Aceh 2019 dibagi dalam dua segmen, yaitu 10 Top Event dan 90 Event Unggulan.

Untuk 10 Top Event Aceh disebutkan masing-masingnya Sabang Marine Festival (Sabang), Festival Ramadhan (Banda Aceh), Kemah Wisata (Simeulue), Aceh Culinary Festival (Banda Aceh), Pulau Banyak Festival (Pulau Banyak), Banda Aceh Coffee Festival (Banda Aceh), Danau Lut Tawar Festival (Aceh Tengah), Saman Gayo Alas Festival (Gayo Lues), Aceh Rapa’i Festival (Bireuen), dan Aceh Diving Festival (Sabang).

“Menariknya dari 10 Top Event Aceh tersebut, tiga even masuk dalam 100 of Event Wonderful Indonesia 2019 Kementerian Pariwisata,” ujarnya. Ketiga event dimaksud ialah Aceh Culinary Festival 2019, Saman Gayo Alas Festival, dan Aceh International Diving Festival.

Peluncuran Calender of Event Aceh 2019 turut dimeriahkan penampilan Tari Ratoh Jaroe Sanggar Rumoh Budaya, Pembacaan Puisi oleh Fikar Weda dan Keubitbit Band. Juga dilakukan penayangan TVC COE Aceh, Pameran UKM Aceh dan kopi Aceh serta makan malam bersama dengan menu khas Aceh.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.