Connect with us

Nova Eliza Pulang Kampung, Ajak Perempuan Aceh Berkarya

[FOTO-REPRO FEMINA]

Aceh

Nova Eliza Pulang Kampung, Ajak Perempuan Aceh Berkarya

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Nova Eliza, bintang sinetron berusia 36 tahun yang sangat aktif wira wiri di televisi awal tahun 2000-an sudah lama berkarir di Jakarta dan berbisnis di Bali.

Namun Aceh selalu menempati tempat istimewa di hatinya. Ia memang memiliki darah Aceh. Beberapa bulan terlahir, putra mantan Bupati Pidie — Nurdin Abdurrahman — ia sibuk bolak balik Jakarta-Aceh.

Bersama Suara Hati Foundation, ia menggelar acara bertajuk Perempuan Berkarya, di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, pada 14 Desember lalu.

Kekuatan wanita Aceh sebagai penyintas konflik dan tsunami, hingga memanfaatkan teknologi informasi untuk berbisnis jadi bahasan di acara ini.

Namun sesungguhnya, di balik itu Suara Hati Foundation bertujuan mendorong wanita Aceh untuk berkarya, sehingga dapat mandiri secara ekonomi, dan diharapkan menjadi kekuatan untuk menghentikan kekerasan terhadap wanita.

“Sudah lama saya ingin berbuat sesuatu untuk wanita di Aceh, seperti pesan almarhum ayah saya. Saya sengaja memilih waktu yang berdekatan dengan kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, yang berlangsung dari akhir November hingga awal Desember,” ujar ibu satu putri ini.

Dalam acara ini, ia juga menyanyikan lagu berjudul Suara Hati yang diciptakan Mia Ismi. Seperti judulnya, lirik lagunya dirangkai secara puitis untuk mewakili wanita yang tak ingin disakiti.

Lebih lanjut, wanita yang juga ikut berperan dalam film Kartini ini bilang, ia tidak mau acara ini sekadar seremonial, yang sifatnya sesaat. Ia ingin memberi dampak positif yang lebih mengena.

Perempuan Berkarya dirancang sebagai program-program berkelanjutan untuk membantu memberdayakan wanita Aceh. Ini baru permulaan, perjalanan masih panjang.

“Tantangan kali ini lebih besar, karena kalau pada kegiatan sebelumnya, karena langsung bersentuhan dengan wanita yang ingin dibantu.”

Kegiatan Perempuan Berkarya adalah kali ketiga Suara Hati Foundation melakukan kampanye, setelah pada tahun 2015 dan 2016 menggulirkan rangkaian kampanye Suara Hati dan Suara Hati Lelaki di beberapa kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Surabaya, dan Makasar.

Program Perempuan Berkarya ingin mempertemukan wanita wirausaha dan calon wirausaha dan menjadi ajang berbagi pengalaman, pengetahuan dan wawasan, serta memberikan inspirasi.

“Setelah di Aceh saya juga ingin melanjutkan program ini di daerah lain di Indonesia. Saya rasa masih banyak wanita lain yang memerlukan bantuan seperti ini,” katanya.[]

FEMINA

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top