Panwaslih Aceh Ingatkan ASN Tetap Netral di Pemilu 2019

0
346
Panwaslih Aceh: Kampanye di Media Massa Hanya Dibolehkan 21 Hari
Ilustrasi: Konferensi Pers Panwaslih Aceh. (Dok. ACEHKITA.COM)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Provinsi Aceh mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkup Pemerintah Aceh agar tetap netral dan tidak berafiliasi dengan partai politik tertentu.

Hal tersebut dilakukan Panwaslih Aceh dengan menyampaikan surat kepada Plt Gubernur Aceh perihal netralitas ASN dan sanksi.

Panwaslih Aceh menyampaikan perihal netralitas ASN sehubungan dengan tahapan Pemilu 2019 yang sedang dan akan berlangsung, untuk terwujudnya pemilu yang berintegritas di Aceh.

Ketua Panwaslih Aceh, Faizah, mengingatkan ASN dalam melaksanakan tugas dan kebijakan harus berpedoman kepada asas netralitas. “ASN juga dilarang terlibat sebagai tim atau pelaksana kampanye,” ujarnya, Sabtu (9/2/2019).

Surat tertanggal 8 Februari 2019 juga mengingatkan ASN dilarang mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap peserta pemilu, baik sebelum dan selama serta sesudah masa kampanye.

Lebih lanjut, Pegawai Negeri Sipil juga dilarang memberikan dukungan kepada calon presiden/wakil presiden, dewan perwakilan rakyat, dewan perwakilan daerah dan dewan perwakilan rakyat daerah.

Faizah menyatakan, pengabaian terhadap ketentuan netralitas ASN tersebut akan dikenakan sanksi. Bisa pemberhentian secara tidak hormat karena menjadi anggota partai politik atau pengurus partai politik.

Selain itu, sanksi juga bisa berupa dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu tahun dan dengan paling banyak 12 juta rupiah. “Ini apabila terbukti melakukan kampanye atau menjadi petugas kampanye sebagaimana disebutkan dalam Pasal 494 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” sebut Faizah.

Surat dengan nomor 065/K.AC/PM.00.01/II/2019 itu turut ditembuskan kepada Ketua Bawaslu RI, KIP Aceh, Bupati/Walikota se-Aceh, Panwaslih Kabupaten/Kota, dan partai politik tingkat provinsi.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.