Connect with us

Pasien Penyakit Kronis Bentuk Klub Senam

Foto : dokumen klub senam Al-Kautsar

Health

Pasien Penyakit Kronis Bentuk Klub Senam

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Pasien penyakit kronis di Banda Aceh membentuk klub senam untuk memudahkan konsultasi dan olahraga bersama. Klub dengan nama “Al-Kautsar” diasuh dr. Safriadi M. Kes.

Ketua Klub Al-Kautsar, Marwan, menyebutkan di antara kegiatan klub tersebut senam sehat yang digelar dua kali dalam sebulan. Selain itu juga untuk konsultasi kesehatan dengan memberikan pelayanan tensimeter serta cek gula untuk pendeteksian darah manis.

“Kita mengagendakannya (senam sehat) setiap pekan ke-2 dan ke-4 pada setiap bulannya,” ujar Marwan dalam rilis yang diterima acehkita.com, Minggu (27/11/2016).

Untuk senam sehat, kata Marwan, akan dipandu langsung oleh pelatih senam Jantung Sehat. Pada tahap awal, tercatat sekitar 50 anggota yang telah bergabung sebagai penerima manfaat dari Klub Kautsar.

Klub senam yang beralamat di Jalan Sultan Alaidin Johansyah, Lamlagang Banda Aceh sesuai anjuran dari BPJS Kesehatan. Pasien yang mendapatkan pelayanan dari BPJS dengan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) dianjurkan sebaiknya juga melakukan penyembuhan melalui konsultasi rutin serta olahraga senam.

“Yang kita jalankan sangat sesuai dengan anjuran BPJS. Penyembuhan penyakit selain dengan pengobatan harus juga dilakukan melalui konsultasi kesehatan rutin serta olahraga yaitu senam,” jelas Marwan.

Fasilitas khusus yang diberikan adalah konsultasi rutin yang akan ditangani langsung oleh dokter spesialis. Ada keterikatan antara peserta klub dengan dokter yang menangani sehingga peningkatan status kesehatan seluruh peserta dapat terjamin dan tercapai.

“Dalam bentuk edukasi, Klub Kautsar akan memberikan pemahaman terkait pengetahuan kesehatan dalam upaya memulihkan dan mencegah timbulnya kembali penyakit serta peningkatan status kesehatan bagi peserta,” ungkap Marwan.

“Dengan demikian, tentunya Klub Al-Kautsar adalah sebuah kebutuhan untuk memberikan pelayanan dalam menyongsong hidup sehat,” ujarnya.[]

Ghaisan

Continue Reading
Baca juga...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Health

To Top