Connect with us

Pemerintah Aceh Dinilai tak Sensitif Korban Konflik

Aceh

Pemerintah Aceh Dinilai tak Sensitif Korban Konflik

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Anggaran yang dialokasikan untuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh senilai Rp3 miliar dianggap sebagai bentuk tak sensitif Pemerintah Aceh terhadap para korban konflik di provinsi ujung barat Indonesia itu.

Koalisi Pengungkapan Kebenaran (KPK) Aceh menyebutkan bahwa anggaran yang ditempatkan di bawah Badan Kesbangpol dan Linmas Aceh itu sangat jauh dari usulan KKR Aceh kepada tim TAPA sebesar Rp21 milyar.

“Dengan alokasi yang telah ditetapkan, ini mengesankan Pemerintah Aceh tidak memahami tugas dan fungsi KKR Aceh,” kata Pokja Advokasi Kelembagaan KPK Aceh, Hendra Saputra dalam rilis yang diterima acehkita.com.

Menurut dia, kerja KKR Aceh di tahun pertama sehingga memerlukan dukungan penuh Pemerintah Aceh karena komisi belum punya sekretariat, kelengkapan sekretariat, SOP yang harus segera disiapkan sebagai bagian perintah Qanun 17 Tahun 2013.

“Dengan anggaran begitu minim, tak akan mampu melaksanakan tupoksinya mulai menyusun mekanisme pengungkapan kebenaran, reparasi dan rekonsiliasi hingga penyelidikan, termasuk perlindungan saksi korban pelanggaran HAM masa lalu di seluruh Aceh,” katanya.

Hendra menambahkan pengalokasian dana yang sangat minim juga bisa dilihat sebagai upaya Pemerintah Aceh melemahkan kerja-kerja yang akan dilakukan KKR dalam upaya pengukapan kebenaran, reparasi dan rekonsiliasi korban pelanggaran HAM masa lalu.

Dengan alokasi dana Rp3 milyar, KPK Aceh menganggap Pemerintah Aceh tak serius pada pembentukan KKR. Malah, Pemerintah Aceh telah mengalokasikan anggaran yang lebih besar kepada organisasi kepemudaan.

KPK Aceh adalah gabungan LSM dan organisasi profesi seperti KontraS Aceh, Koalisi NGO HAM Aceh, YLBHI – LBH Banda Aceh, RPuK, Katahati, MATA, Flower Aceh, KPI Aceh, Prodelat, SeIA, AWFP, Paska Pidie, PBH HAM Pidie, RATA, ACSTF, AJI Banda Aceh, The Aceh Institute, PKBI Aceh, LBH APIK, KontraS, ELSAM, dan AJAR.[]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

Trending

RSS Info Lowongan Kerja

Pilkada

Kuliner

To Top