Pemerintah Berikan Lahan untuk Pengembangan Kampus Unsyiah

0
861
Foto: Humas Unsyiah

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Pemerintah Indonesia mendukung perluasan Kampus II Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) di Kawasan Aceh Besar. Hal ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Pelepasan Lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) ke Lahan Pembangunan Kampus II Unsyiah.

Penyerahan surat pengalihan lahan tersebut dilakukan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil kepada Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal, bertempat di Gedung AAC Dayan Dawood, Jumat 5 april 2019. Disaksikan ratusan ratusan mahasiswa dan civitas academika Unsyiah, Sofyan Djalil juga menyampaikan kuliah umum.

Prof. Samsul mengapresiasi pemerintah pusat yang mempercepat proses penyerahan SK pengalihan lahan ini. Menurutnya, saat ini Kampus Unsyiah di Darussalam semakin sempit, membutuhkan lahan yang luas untuk pengembangan kampus. “Juga mendukung target Unsyiah tahun 2024, masuk dalam jajaran world class university,” katanya.

Sementara itu, Sofyan Djalil mengatakan pengalihan lahan untuk kampus Unsyiah, tidak terlepas dari perhatian khusus Presiden Jokowi. Ia mengatakan sempat menceritakan kebutuhan lahan untuk kampus pada bulan lalu. “Presiden langsung menindaklanjuti, bahkan ingin menyerahkan langsung, tetapi karena jadwal yang sibuk, saya yang mewakili,” ujar Sofyan.

Lahan yang diserahkan untuk pembangunan kampus II Unsyiah seluas 2.183 hektar. Jika lahan ini digarap dengan baik, Unsyiah nantinya akan tercatat sebagai kampus terbesar di Indonesia, dari segi luas tanahnya.

Menteri Agraria itu berharap perluasan kampus ini juga didukung dengan pengembangan pendidikan yang baik. “Sebab untuk masuk dalam ranking universitas kelas dunia, Unsyiah harus bekerja ekstra,” katanya. []

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.