Connect with us

Pemulihan Pidie Jaya, Ini Kerjaan Unsyiah

Aceh

Pemulihan Pidie Jaya, Ini Kerjaan Unsyiah

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) merancang enam program prioritas untuk membantu pemulihan Pidie Jaya pascagempa dalam jangka panjang. Hal itu dikatakan Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal dalam konferensi pers di Gedung Rektorat Unsyiah, Banda Aceh, Kamis 29 Desember 2016.

Enam program prioritas tersebut adalah melakukan pendampingan proses pembangunan fisik bangunan dan infrastruktur pada 3 kabupaten terdampak, yaitu Pidie Jaya, Pidie dan Bireuen. Selajuntya membantu pemulihan layanan kesehatan melalui pembangunan rumah sakit kontainer.

Unsyiah juga melakukan program pemetaan patahan aktif di Aceh, kemudian membantu pemulihan bidang pendidikan, mendirikan rumah pembelajaran gempa. “Terakhir menyusun naskah akademik Qanun Pendidikan Kebencanaan di Aceh,” kata Samsul.

Kampus tersebut telah sejak awal menurunkan timnya membanttu Pidie Jaya sejak masa masa tanggap darurat. Kampus itu telah mendirikan Posko Terintegrasi di Mereudu untuk menyalurkan bantuan yang bersumber dari civitas akademika serta para donatur di luar Unsyiah. “Unsyiah juga membentuk Satgas Pemulihan Pasca Gempa Pidie Jaya,” jelas Samsul.

Pihaknya juga membuka rekening bantuan, yang hingga saat ini terkumpul Rp 300 juta. Selain itu telah menyalurkan berbagai bantuan dalam bentuk barang untuk kebutuhan para pengungsi di sana.

Gempa Pidie Jaya berkekuatan 6,5 Skala Righter terjadi pada 7 Desember 2016 lalu. Mengakibatkan 104 korban jiwa dan lebih 80 ribu warga tinggal di tenda pengungsian, akibat kerusakan tempat tinggal. []

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top