Connect with us

CITIZEN | Pengurus Seniman Aceh Perantauan Dilantik

Warga Menulis

CITIZEN | Pengurus Seniman Aceh Perantauan Dilantik

YOGYAKARTA | CITIZENKITA — Lagu Aceh Tanoh Lon Sayang mengalun di dalam Balee Gadeng, Sagan, Yogyakarta, pada Sabtu (30/6) malam. Dengan diiringi seorang pemandu, hadirin bersama-sama menyanyikan lagu itu, liriknya mengingatkan tentang tanah asalnya bermula, Aceh.

Pelantunan lagu itu merupakan pembuka dari rangkaian pelantikan periode baru kepengurusan organisasi Seniman Perantauan Atjeh (SePAt). SePAT adalah organisasi yang menghimpun keluarga besar Aceh dan bergerak dalam bidang kesenian. Didirikan pada 2008, eksistensi SePAT telah dikenal di lingkup Yogyakarta dan Pulau Jawa.

Pelantikan berupa peusijuek dilakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY M. Tazbir Abdullah. Ia juga merupakan salah satu Dewan Pembina SePAT. Dalam sambutannya mengatakan, ia mengapresiasi adanya wadah tempat berhimpunnya para seniman Aceh di Yogyakarta ini dan berharap lahirnya inisiatif atau terobosan-terobosan baru dalam dunia kesenian Aceh.

“Keberadaan SePAT di Yogyakarta yang dinobatkan sebagai Indonesia mini dan kota budaya harus menjadi kesempatan yang baik untuk menunjukkan wujud kebudayaan dan kesenian Aceh, sehingga Aceh tidak hanya dikenal sebagai daerah konflik dan tidak aman,” jelasnya.

Taufik Akbar, mahasiswa Hubungan Internasional UPN Veteran, selaku Sekretaris Jenderal SePAT mengatakan, setelah melakukan rapat program kerja pada Jumat (22/6) dan disertai pelantikan pada Sabtu (30/6) maka para seniman Aceh yang bergabung di SePAT akan segera melaksanakan program-program pembinaan, pengembangan, pelatihan, dan pertunjukan karya.

“SePAT telah menyusun kalender kegiatan untuk satu semester ke depan dan melalui empat divisi di SePAT yaitu tari dan musik, teater dan sastra, sinema dan fotografi, dan seni rupa, SePAT akan rutin melaksanakan kegiatan,” ujar Taufik.

Acara pelantikan yang dihadiri oleh para penggiat dan seniman dari komunitas seni yang ada di Yogyakarta dan juga diisi dengan pentas tari, musik etnik, pameran foto dan lukisan. [citizen]

RIZKI ALFI SYAHRIL beraktivitas di Liga Kebudayaan Komunitas Tikar Pandan. Saat ini sedang melanjutkan pendidikan di Magister Akuntansi Universitas Gadjah Mada. Sebagai salah seorang kontributor @iloveaceh, ia rajin berkicau melalui @rizkialfi.

Continue Reading
Baca juga...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Warga Menulis

To Top