Peserta Pemilu 2019 di Aceh Deklarasi Kampanye Damai

0
856
Peserta Pemilu 2019 di Aceh Deklarasi Kampanye Damai
Foto: Husaini/ACEHKITA.COM

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Perwakilan 20 partai politik dan calon anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Aceh peserta Pemilu 2019 pagi tadi telah melakukan deklarasi kampanye damai di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Bertempat di atas panggung utama yang diselenggarakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP Aceh) di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Ahad 23 September 2018, mereka secara bersama-sama mendeklarasikan kampanye berintegritas dan damai untuk Pemilu 2019 di Aceh.

Ada lima poin yang dibacakan secara bersama-sama peserta Pemilu 2019. “Kami peserta Pemilu Serentak tahun 2019 bersama tim kampanye dan para pendukung dengan semangat persatuan dan persaudaraan, berjanji kepada masyarakat Aceh untuk: Satu, Menjunjung tinggi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

“Dua, siap menciptakan Pemilu Serentak Tahun 2019 yang berintegritas, tertip, aman dan damai. Tiga, menolak kampanye hitam, hoaks, politisasi sara dan politik uang.”

“Empat, tunduk dan patuh terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lima, menyampaikan isi deklarasi kepada seluruh pendukung untuk dipedomani dan dilaksanakan,” demikian ikrar peserta Pemilu 2019 secara bersama-sama.

Peserta Pemilu 2019 di Aceh Deklarasi Kampanye Damai

Kemudian seusai ikrar tersebut, mereka turun dari panggung dan melakukan tanda tangan deklarasi kampanye damai yang telah disediakan oleh KIP Aceh. Usai tanda tangan bersama butir-butir deklarasi itu, peserta Pemilu 2019 tersebut bersama Forkopimda Aceh melepas burung merpati sebagai simbol penyelenggaraan pemilu yang damai.

Wakil Ketua KIP Aceh, Tharmizi menegaskan kepada peserta Pemilu 2019 untuk tidak menyebarkan intimidasi, teror dan berita hoaks maupun SARA kepada masyarakat.

“Jaga semangat kebersamaan untuk mewujudkan demokrasi dan Pemilu 2019 dapat terlaksana dengan baik di Aceh,” sebutnya dalam sambutan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 di Blang Padang.

Menurut Tharmizi, deklarasi kampanye damai bukan hanya sekadar formalitas belaka. Deklarasi punya makna untuk membuat komitmen bersama serta konsisten dalam menciptakan suasana pesta demokrasi yang kondusif di Aceh.

Peserta Pemilu 2019 di Aceh Deklarasi Kampanye Damai

Kampanye Pemilu 2019 juga menjadi bagian untuk pendidikan politik kepada masyarakat, tanpa melupakan norma dan kearifan lokal yang berlaku di tengah-tengah masyarakat Aceh.

Deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 di Aceh mengusung tema “Kampanye Anti-SARA dan Anti-hoax untuk Pemilih Berdaulat dan Negara Kuat” diikuti oleh unsur Forkopimda dan peserta Pemilu 2019, penggiat Pemilu dan masyarakat.

Pemilu 2019 akan diikuti oleh 2 pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden. Nomor urut satu pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin dan nomor urut 2 pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno.

Untuk calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh pada Pemilu 2019, sebanyak 1.298 calon akan bersaing memperebutkan 81 kursi dewan. Sementara untuk anggota DPD dari Aceh, tercatat sebanyak 26 orang calon.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.