Connect with us

Pilkada 2017 Kondusif, Hasilnya Akhir Februari

Pilkada

Pilkada 2017 Kondusif, Hasilnya Akhir Februari

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilihan kepala daerah Aceh 2017 berlangsung dalam situasi aman dan kondusif, karena itu Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh memberikan aprisiasi setinggi-tingginya kepada stakeholder yang telah menjaga kedamaian di Aceh.

“Kami berikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat, pendukung paslon, Polda, Kodam, yang sudah menjaga keamanan, serta petugas TPS yang sudah menyelenggarakan proses pilkada dengan baik,” kata Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi pada konferensi pers di Media Center KIP Aceh, Kamis, 16 Februari 2017.

Dalam konferensi pers itu, hadir juga Direktur Dit Shabara Polda Aceh, Sugeng, As. Intel Kodam IM, Hendriyadi, Komisioner Komnas HAM RI, Otto Nur Abdullah, serta Komisioner KIP Aceh, Muhammad dan Robby Syah Putra.

Menurut Ridwan Hadi, proses perhitungan suara juga berlangsung dengan aman dan sangat kondusif. Informasi yang didapat KIP Aceh, surat suara tidak banyak yang rusak dan hampir semua surat suara dapat dihitung. “Mudah-mudahan proses rekap selanjutnya bisa berlangsung dengan aman,” kata Ridwan.

KIP Aceh hanya akan mengeluarkan data real count terkait perhitungan suara, yang disampaikan melalui rapat pleno terbuka akhir Februari nanti.

“Yang menjadi pegangan kita ialah hasil rekap yang dilakukan penyelenggara. Kalau ada lembaga quick count itu sah saja, tapi tidak bisa menjadi acuan,” kata Ridwan.

Penghitungan suara berlangsung di tingkat kecamatan mulai 16 Februari sampai 22 Februari. Setelah itu rekapitulasi tingkat kabupaten/kota, dan setelahnya KIP Aceh akan merekapitulasi dalam rapat pleno terbuka tingkat provinsi.

Sugeng dari Polda Aceh mengatakan, seluruh personil keamanan sudah disebar ke TPS sejak beberapa hari lalu. Saat perhitungan suara di tingkat kecamatan, pihak keamanan juga bergerak ke kecamatan. Selain mengamankan lokasi perhitungan suara dan kantor KIP, pihak keamanan juga melakukan patroli.

“Kita tetap siap sampai penyelenggaraan Pilkada selesai. BKO ada sampai proses Pilkada selesai,” kata Sugeng. []

KIP.ACEHPROV.GO.ID

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pilkada

To Top