PMI Normalkan Kehidupan Korban Gempa - ACEHKITA.COM
Connect with us

PMI Normalkan Kehidupan Korban Gempa

Foto: Chaideer Mahyuddin

Aceh

PMI Normalkan Kehidupan Korban Gempa

MEUREUDU | ACEHKITA.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) memulai kegiatan pemulihan dini untuk membantu masyarakat Aceh yang tertimpa bencana gempa bumi Pidie Jaya Aceh.

Secara simbolis kegiatan dimulai dengan peletakan batu pertama pembangunan sumur bor di Gampong Jeulanga, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya, oleh Sekjen PMI Pusat, Ritola Tasmaya. “Kami mengucapkan terima kasih serta kepercayaannya kepada seluruh pihak yang telah membantu masyarakat Aceh melalui PMI,” katanya Kamis 12 Januari 2017.

Menurutnya setelah respon tanggap darurat, bantuan akan kami teruskan melalui berbagai kegiatan di masa pemulihan dini. “Kami percaya bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Aceh untuk dapat kembali bangkit,” sambung Ritola.

Kegiatan pemulihan PMI difokuskan pada dua ha, yaitu pemulihan mata pencaharian dan tempat tinggal masyarakat melalui cash transfer program (CTP) serta kesehatan warga. Dalam kegiatan CTP, PMI akan menyalurkan bantuan dana untuk membantu memulihkan mata pencaharian (livelihood) kepada 507 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak gempa. Bantuan dilakukan di sembilan desa di Kecamatan Tringgadeng, Kabupaten Pidie Jaya. Dana yang diberikan akan dipergunakan untuk penyediaan kebutuhan dasar dan peralatan untuk menunjang mata pencaharian masyarakat.

Sementara CTP untuk tempat tinggal (shelter) akan diperuntukkan bagi 526 KK di empat kecamatan di tiga kabupaten, yaitu Pidie Jaya, Bireun, dan Pidie. Bantuan dana tersebut akan digunakan untuk penyediaan peralatan pertukangan untuk memperbaiki rumah warga.

Di bidang kesehatan, pemulihan dini difokuskan untuk pemberian bantuan berupa distribusi air bersih, perbaikan sumber mata air, pembersihan dan pengeboran sumur warga, layanan kesehatan keliling (mobile clinic), layanan fisioterapi keliling, bantuan psikososial untuk menghilangkan trauma akibat gempa, dan pemberian sarana penyaringan air bersih.

Sekitar 397 sukarelawan ikut diturunkan untuk menyalurkan berbagai bantuan tersebut kepada masyarakat. Operasi pemulihan dini PMI akan berjalan selama 150 hari atau 5 bulan. []

CHAIDEER

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top