Connect with us

Polisi Syariat Razia Makanan di Banda Aceh

Sabarun/ACEHKITA.COM

Ramadan

Polisi Syariat Razia Makanan di Banda Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Petugas Wilayatul Hisbah atau Polisi Syariat melakukan razia pedagang yang menjajakan kue basah dan minuman di siang hari pada bulan Ramadan. Dalam razia itu, Polisi Syariat menyita sejumlah makanan basah karena dijual sebelum waktu yang diperbolehkan selama pelaksanaan ibadah puasa Ramadan.

Pantauan acehkita.com, razia yang digelar Polisi Syariat berlangsung pada pukul 09.00 WIB. Petugas berkeliling sejumlah ruas jalan dan pusat pertokoan. Di kawasan Peunayong, Polisi Syariat mendapati sebuah toko yang menjual kue basah pada pukul 11.45 WIB.

Akibatnya, kue seperti risol, tape, donat, bakwan, diambil petugas. Sedangkan penjualnya didata dan dinasehati.

Pemerintah Kota Banda Aceh mengeluarkan larangan agar penjual tidak menjajakan minuman dan makanan sebelum pukul 16.00 WIB selama pelaksanaan ibadah puasa Ramadan.

Penjual kue, Farida, 40 tahun, menyebutkan bahwa kue itu merupakan titipan orang lain untuk dijual. “Pemiliknya membawa kue lebih awal ke toko,” ujar Farida.

Petugas meminta agar penjual itu tidak mengulangi menjajakan makanan dan minuman pada siang hari sepanjang Ramadan. Kalau kedapatan lagi, ia akan dikenakan sanksi –bisa berupa cambuk di muka umum, kata Kepala Seksi Penegakan dan Pelanggaran Satpol PP dan WH Aceh Nasrul Miadi.

Polisi Syariat juga mendatangi sejumlah titik yang diduga terdapat transaksi makanan di bulan puasa. Razia dilakukan di sejumlah lorong di Jalan Panglima Polem Peunayong. Di sana, petugas menemukan sejumlah warung buka, namun pemilik dan pembelinya merupakan non-muslim. Mereka tidak ditindak karena non-muslim diperkenankan sepanjang warung tidak menjual makanan untuk umat Islam. []

SABARUN

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Ramadan

Advertisement

ACEHKITA TV

Trending

Kolom

Kuliner

Facebook

To Top