Connect with us

Ponsel Cita Rasa Premium yang Terjangkau

Review

Ponsel Cita Rasa Premium yang Terjangkau

JAKARTA | ACEHKITA.COM — Asus menutup tahun 2015 dengan meluncurkan sejumlah produk unggulan. Meski masih berada dalam lini Zenfone 2, tapi kehadiran empat model baru Zenfone ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Bertempat di Pacific Place The Ritz Carlton, Asus menggelar Zen Festival pada 19 November lalu. Di sini, secara bergantian petinggi Asus memperkenalkan empat varian baru ponsel pintar mereka.

Dimulai CEO Asus Jerry Chen yang memperkenalkan Zenfone 2 Deluxe, lalu hadir Vice President Asus Bryan Chang dengan Zenfone 2 Laser. Disusul selanjutnya Alvin Chou, Asus Associate Vice President, yang membawaserta Zenfone Max. Terakhir, Asus Design Center Director Daniel Alenquer meluncurkan Zenfone Selfie.

Keempat varian baru Zenfone itu memiliki kelebihan masing-masing. Zenfone 2 Deluxe, misalnya, hadir dengan terobosan memori internal 128 GB yang bisa diperluas melalui slot memori eksternal hingga 128 GB. Jadi, totalnya memiliki ruang penyimpanan berkapasitas 256 GB –dengan kapasitas segede ini, Anda bisa menyimpan lebih 50 movie full HD atau menginstal lebih 1.000 games atau aplikasi. Mencengangkan memang!

Tawaran lainnya adalah pada desain penutup belakang yang berdesain futuristik –crystal polygonal, sehingga nyaman kala berada di dalam genggaman. Kesan mewah pun terpancar dari pola desain crystal polygonal ini.

Lalu, Zenfone Max diunggulkan dengan konsep berfungsi menjadi power bank bagi ponsel lain. Pasalnya, ia memiliki kapasitas baterai 5.000mAh –yang bisa bertahan pada masa siaga hingga 37 hari. Asus menamakannya sebagai ponsel dengan power monster. “Kamu akan menjadi superstar,” ujar Alvin Chou.

Tak mau kalah, Daniel Alenquer memperkenalkan kelebihan Zenfone Selfie, yang memiliki kamera depan beresolusi 13 megapiksel. Nah, dengan resolusi begitu, Anda akan menghasilkan foto mandiri (selfie) lebih jernih, resolusi tinggi, dan tentu lebih lebar (wide). Sebab, kamera depan Selfie punya bukaan f/2.2 dan lensa yang lebih lebar –80 derajat wide angle.

Tak hanya itu, kamera depan Zenfone Selfie juga dilengkapi dengan dual color LED Flash. Pada sesi ini, Daniel memperlihatkan hasil jepretan Zenfone Selfie dengan iPhone 6s Plus buatan Apple. Bisa ditebak, foto mandiri bidikan Zenfone Selfie lebih terang dan jernih dibandingkan iPhone.

P_20151119_124818

Lantas, bagaimana kesan Zenfone 2 Laser?

acehkita.com berkesempatan hands-on Zenfone 2 Laser pada ruang demo Zen Festival. Tapi sebelum bercerita mengenai kesan pertama memegang Zenfone 2 Laser, baiklah, mari kita lihat spesifikasi atau jeroan ponsel andalan Asus itu.

Zenfone 2 Laser hadir dalam tiga varian ukuran, yaitu berukuran layar 5 inci, 5,5 inci, dan 6 inci. Seluruhnya sudah berjalan pada jaringan Long Term Evolution (LTE 4G). Perbedaan ukuran layar tak membuat spesifikasinya berbeda jauh.

Asus mempercayakan prosesor empat inti Snapdragon 410 arsitektur 64-bit kecepatan 1,2 GHz sebagai penggerak Zenfone 2 Laser 5 inci dan 5,5 inci –keduanya dipadu dengan RAM 2 GB dan ruang penyimpanan internal seluas 16 GB serta bisa diperluas melalui eksternal hingga 128 GB.

Zenfone 2 Laser ukuran 6 inci yang menggunakan prosesor berbeda, yaitu Snapdragon 615 delapan inti arsitektur 64-bit kecepatan 1,7 GHz. Ponsel ini cocok bagi Anda gamers sejati atau penyuka hiburan. Selain RAM 3 GB, ruuang penyimpanan internal pun lebih leluasa yaitu 32 GB. Tidak cukup seluas itu? Jangan takut, Anda masih bisa menambah hingga 128 GB melalui memori eksternal.

Sesuai namanya, Laser, Asus membenamkan teknologi kamera baru pada Zenfone 2 Laser ini. Laser identik dengan kecepatan, keakuratan, dan ketepatan –seperti fungsi sinar laser. Nah, teknologi baru Asus ini adalah pada kecepatan kamera dalam menemukan titik fokus. Hanya butuh waktu kurang dari 0,03 detik saja bagi kamera 13 megapiksel Zenfone 2 Laser menemukan titik fokus sebuah obyek gambar. Cepat bukan?

Asus benar-benar menitikberatkan pada fungsi kamera –selain dapur pacu, pada Zenfone 2 Laser. Kamera utama 13 megapiksel menggunakan Laser Auto Focus dengan waktu kurang dari 0,03 detik, memiliki diafragma besar f/2.0, dual tone flash, teknologi Pixel Master untuk foto dan video lebih terang hingga 400 persen.

Teknologi fokus dengan laser ini dapat mempercepat pencarian fokus baik jarak dekat atau pun jauh. Hasilnya, pengguna dapat mengambil foto yang lebih fokus dengan cepat dibandingkan sistem fokus biasa.

Pada kesempatan hands-on, acehkita.com menyempatkan diri menguji kecepatan Laser Auto Focus ini. Kesan kami, kamera Zenfone 2 Laser memang lebih cepat dalam menemukan titik fokus dibandingkan Zenfone generasi sebelumnya. Namun, pada satu pemotretan, kami juga sempat menghasilkan gambar buram karena terlalu cepat memindahkan ke obyek gambar lain.

P_20151119_125309_DF

Menu Depth Field Zenfone 2 Laser

Secara umum, dengan menguji kamera di dalam ruangan penuh cahaya, kami puas dengan hasil bidikan Zenfone 2 Laser. Foto yang dihasilkan, meski tidak menggunakan flash, tidak memiliki noise yang tinggi.

P_20151119_125355

Dijepret menggunakan Zenfone 2 Laser, tanpa lampu flash.

Di lain waktu, dibantu SPG, kami menguji ketahanan layar Zenfone 2 Laser. Layar sebuah Zenfone 2 Laser berukuran 5,5 inci digosok-gosok secara kuat di atas sikat gerigi besi. Layar kaca jenis Gorilla Glass 4 yang digunakan Zenfone 2 Laser sama sekali tidak tergores. Kami mengujinya selama dua kali dengan durasi satu menit.

P_20151119_173118Pengujian juga dilakukan dengan cara menjadikan bentang layar Zenfone 2 Laser sebagai pelengkap alat dapur. Berkali-kali, SPG mencincang wortel, bawang, dan buah-buahan di atas layar. Hasilnya, kaca Gorilla Glass 4 sama sekali tidak tergores.

[Lihat video pengujian layar Zenfone 2 Laser di atas berita ini]

Lapisan antigores Gorilla Glass 4 buatan Corning ini menawarkan daya tahan dua kali lebih baik saat terjatuh, mereduksi kemungkinan layar ppecah hingga 85 persen dan 2,5 kali lebih kuat dibandingkan dengan lapisan Gorilla Glass 3.

Zenfone 2 Laser berjalan pada sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop. Kita berharap, Asus memberikan dukungan update sooftware Android 6.0 Marshmallow dalam waktu singkat ini.

Telepon pintar identik dengan cepatnya kehabisan daya. Sadar dengan itu, Asus membenamkan baterai berkapasitas 3.000mAh pada Zenfone 2 Laser.

“Smartphone nggak bisa dibilang smart kalau tidak bisa memprovide kamu daya tahan baterai yang lama (lifetime) dan pengalaman hiburan di genggaman,” ujar CEO Asus Jerry Chen.

Ini merupakan cara Asus mendukung kenyamanan Zenfone 2 Laser digunakan untuk fungsi kamera dan multimedia.

“Pada Zenfone 2 Laser, Asus menawarkan keseimbangan yang sempurna antara kinerja multimedia yang baik dengan efisiensi penggunaan baterai,” ujar Country Product Group Leader Asus Indonesia Juliana Cen.

Meski memiliki kemampuan premium di bidang kamera dan multimedia, Zenfone 2 Laser tergolong ponsel dengan harga terjangkau. Untuk yang berukuran 5 inci, Asus membanderolnya seharga Rp2.099.000, ukuran 5,5 inci Rp2.699.000, dan ukuran 6 inci dengan harga Rp3.499.000. []

Continue Reading
Baca juga...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Review

To Top