Connect with us

Presiden Yudhoyono Doakan Hasan Tiro

Berita

Presiden Yudhoyono Doakan Hasan Tiro

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ikut prihatin dengan kondisi kesehatan deklarator Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Dr. Tgk. Hasan Muhammad di Tiro yang sempat memburuk.

Orang nomor satu di Indonesia itu ikut mendoakan agar orang paling dicari-cari Pemerintah Indonesia di masa Orde Baru dan era Megawati Soekarnoputri berkuasa itu lekas sembuh.

“Bapak Presiden menyatakan rasa keprihatinannya dan rasa simpati yang sangat dalam kepada keluarga beliau (Hasan Tiro),” kata Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Djoko Suyanto usai menjenguk Hasan Tiro di RSU Zainal Abidin, Banda Aceh, Rabu (2/6).

Djoko yang mewakili Presiden khusus datang ke Banda Aceh untuk membesuk pendiri GAM yang kini dirawat intensif di ruang ICCU RSUZA, sekaligus menyerahkan surat kewarganegaraan Indonesia kepada Hasan Tiro.

Dia mengatakan bahwa Presiden SBY ikut mendoakan agar Hasan Tiro menjadi lebih baik. “Bapak Presiden sangat menghargai dan sangat mendorong saya untuk menjumpai beliau,” ujarnya.

Djoko sendiri ikut mendoakan Hasan Tiro saat di ruang rawat ICCU bersama Perdana Menteri GAM Malik Mahmud, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Wagub Muhammad Nazar.

Menurut Wakil Direktur RSUZA dr. Andalas, kondisi Hasan Tiro sekarang sudah membaik dibanding sehari sebelumnya. “Beliau sudah bisa merespons perkataan Meuntro Malik dan tahu apa yang dikatakan. Hanya saja belum bisa menjawab,” katanya.

Penyakit didera Hasan Tiro, kata Andalas, lebih akibat faktor usia pemimpin GAM itu yang sudah sangat uzur, 86 tahun. “Itu yang jadi problem,” ujar dia.

Menurutnya, Hasan Tiro kini masih perlu perawatan intensif meski kondisinya mulai membaik.[]

Continue Reading
Baca juga...
1 Comment

1 Comment

  1. Junaidi

    Jun 2, 2010 at 10:23 pm

    Rasa simpati Presiden SBY kepada Pendiri Gerakan Aceh Merdeka, DR. Hasan Muhammad di Tiro merupakan suatu kehormatan dan bentuk persahabatan dilevel para petinggi disamping kepentingan-kepentingan politik yang saling berjasa. Kedatangan Menkopolhukam membezuk Wali Nanggroe di RSUZA bernilai social tinggi dan bersifat ikatan politis. Kondisi kesehatan Tgk. Hasan Muhammad di Tiro yang sejak sepekan lalu dirawat di Rumah sakit zainal abidin Banda Aceh, hanya sebab musabab timbulnya rasa keprihatinan dan simpati dari Presiden maupun para elit politik di Pusat yang memang perlu kita menghargainya. Penyerahan sertifikat kewarganegaraan kembali Wali Nanggroe, adalah kesempatan dan moment tepat sehingga terjadinya suasana haru yang penuh akrab sesama para petinggi. Namun tidak salahnya jika kita ingin bertanya; kenapa acara peng-anugerahan paket sertifikat itu berlangsung disaat Wali sedang terbaring di rumah sakit dan kenapa tidak dari sebelumnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita

To Top