Connect with us

Prodi S1 Statistika Unsyiah Raih Akreditasi Peringkat B

Aceh

Prodi S1 Statistika Unsyiah Raih Akreditasi Peringkat B

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Program Studi (Prodi) S1 Statistika Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mendapatkan akreditasi pertamanya dengan peringkat B, yang akan berlaku hingga lima tahun ke depan.

Prodi S1 Statistika Pertama di Sumatera ini saat divisitasi asesor BAN-PT pada Agustus tahun lalu belum menghasilkan alumni. Untuk program studi yang belum mempunyai alumni, Akreditasi B adalah capaian yang terbaik sebagai sebuah prodi yang baru.

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu proses akreditasi, terutama mahasiswa lewat HIMASTA, tim task force akreditasi, pimpinan FMIPA Unsyiah, dan pimpinan Unsyiah,” ujar Ketua Prodi Statistika FMIPA Unsyiah, Saiful Mahdi dalam siaran pers yang diterima acehkita.com.

Disebutkan bahwa dalam daftar peringkat akreditasi yang tertera di website BAN-PT, Prodi S1 Statistika Unsyiah menjadi salah satu Prodi S1 Statistika yang telah terakreditasi dari 17 prodi serupa di Indonesia. Sementara menurut situs Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi, saat ini terdapat 29 Prodi S1 Statistika di seluruh Indonesia.

“Mahasiswa Statistika dan Matematika, termasuk alumninya yang bidang minatnya Statistika, bahkan orang tua mahasiswa, ikut membantu proses akreditasi kita. Demikian juga pemangku kepentingan lain seperti BPS, BKKBN Aceh, BAPPEDA, dan SKPA lainnya ” tambah Saiful.

Prodi S1 Statistika merupakan prodi S1 termuda di Fakultas MIPA Unsyiah. Prodi yang baru empat tahun ini memiliki 169 mahasiswa dari empat angkatan.

Mahasiswa Prodi Statistika diterima lewat semua jalur penerimaan resmi Unsyiah seperti SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri Unsyiah.

Prodi Statistika Unsyiah membuka empat Bidang Minat yaitu Statistika Kepemerintahan dan Kebijakan Publik (Official Statistics), Statistika Ekonomi dan Bisnis, Statistika Komputasi, dan Statistika Ilmu Kehayatan (Biostatistika).

Sementara itu, Rektor Unsyiah, Samsul Rizal, mengapresiasi Akreditasi B yang dicapai Prodi Statistika FMIPA.

“Kami mengucapkan selamat untuk Prodi Statistika Unsyiah. Kita memang terus berbenah agar semua Program Studi di Unsyiah baik Prodi S1, S2, maupun S3 berakreditasi minimal B. Ini akan menentukan kemampuan kita untuk mempertahankan Akreditasi A Unsyiah secara keseluruhan,” katanya.[]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

Trending

RSS Info Lowongan Kerja

Pilkada

Kuliner

To Top