Connect with us

Puluhan Bangunan Hancur Diterjang Puting Beliung

Kerusakan rumah akibat puting beliung di Bireuen. Foto: BPBD Bireuen

Aceh

Puluhan Bangunan Hancur Diterjang Puting Beliung

BIREUEN | ACEHKITA.COM – Angin puting beliung melanda Kabupaten Bireuen, Rabu, 6 Desember 2017, sekira pukul 16:30 WIB. Puluhan bangunan rusak dihantam angin disertai hujan tersebut di dua kecamatan. Belum ada informasi korban jiwa dalam bencana ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bireuen, Muhammad Nasir mengatakan bahwa dua kecamatan yang dilanda puting beliung di Kecamatan Jangka dan Peusangan.

Di sana, kata Nasir, puluhan bangunan rusak, termasuk rumah warga dan ruko. Selain itu, empat tiang listrik juga dilaporkan roboh. Hingga kini, listrik masih padam.

“Angin ini terjadi selama lima menit. Awalnya muncul dengan pusaran berwarna hitam datang dari arah selatan, lalu menghantam bangunan,” kata Nasir saat dihubungi acehkita.com.

Untuk korban yang rumahnya rusak, BPBD sedang mendirikan tenda untuk pengungsian. “Tenda pengungsi sedang kita pasang,” katanya yang sedang berada di lokasi kejadian.

Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa dalam bencana tersebut. Kerusakan yang ditimbulkan di Kecamatan Jangka, antara lain : Desa Tanoh Anoe: 9 unit rumah rusak ringan, 8 unit ruko rusak berat dan ringan, 13 unit dapur garam rusak berat (rata dengan tanah).

Desa Tanjongan: satu unit rumah rusak ringan, 15 dapur garam rusak berat; Desa Aluebie Pusong: 13 dapur garam rusak berat; Desa Jangka Aluebie: satu unit rumah rusak ringan; Desa Alue Buya Gampong: satu unit rumah rusak berat.

Sementara di Kecamatan Peusangan, kerusakan yang ditimbulkan antara lain: Desa Cot Puek, satu unit rumah rusak berat. []

Halim M

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top