Connect with us

Pyaz Pakora, Bakwan ala India

Kuliner

Pyaz Pakora, Bakwan ala India

Berbuka dengan yang masih sepertinya kalimat ini tidak begitu populer di Hindustan. Negara seperti India, Pakistan, Bangladesh bahkan Afghanistan dan Nepal terbiasa berbuka puasa dengan sajian yang gurih dan hangat yang di kenal dengan nama Pakora atau Pakoda. Makanan yang biasanya disajikan sebagai makanan pembuka di restoran India ini merupakan sejenis gorengan sayuran yang kalau di Indonesia mirip seperti bakwan.

Setiap negara bagian di India mempunyai sajian khas pakora yang berbeda sayur yang dipakaipun beragam mulai dari bawang, kentang, bayam, terong, sawi sampai keju. Penyajian gorengan ini bisanya ditemani oleh yogurt, kari ataupun cukup dengan mirchi cabai ala India kalau tidak ada dimakan bersama cabe rawit atau saus tomat juga enak.

Membuat menu masakan ini tidaklah begitu sulit dan memerlukan banyak rempah seperti masakan Asia selatan pada umumnya. Rasanya lebih ringan, renyah dan cukup menggunakan sayuran yang mudah tersedia di dapur lalu sepiring pakora siap anda santap. Kita dapat menggunakan bawang merah besar atau kol untuk membuatnya. Tepung pada adonan ini bisanya yang digunakan adalah tepung terigu yang disebut besan yaitu yang terbuat dari kacang chickpea namun jika susah menemukannya dapat diganti dengan campuran tepung beras dengan tepung terigu rendah protein.

Bahan yang diperlukan:
¾ cangkir tepung kacang / besan
¼ cangkir tepung jagung
1 sendok teh garam
1 sendok teh bubuk cabai merah
1 sendok teh kunyit bubuk
1 butir telur
Air ½ cangkir

Anda bisa menambahkan 1 sendok teh baking powder bila suka, namun sebagian orang kurang suka dengan baunya.

Cara membuat:
– Cincang sayuran yang telah dipilih dari ukuran kecil hingga sedang
– Aduk sayuran dengan tepung, air dan semua bahan laiinnya
– Kita bisa menyimpan adonan yang ada di dalam kulkas dan menggorengnya menjelang berbuka atau langsung saja digoreng.
– Panaskan minyak dengan suhu maksimal (baiknya menggunakan minyak jagung)
– Goreng adonan dengan ukuran sesuai selera tunggu hingga berwarna kecoklatan sebelum ditiriskan.

Untuk penyajian kita bisa menggunakan campuran yogurt dengan saus salad ala India atau cukup dengan mengunakan saus cabe atau tomat dan lebih enak lagi kalau ada beberapa cabe rawit. Emm yummy, selamat mencoba.[]

Continue Reading
Baca juga...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kuliner

To Top