Qatar Charity Bagikan Alquran Digital Braille Kepada 150 Tunanetra Aceh

0
553
Qatar Charity Bagikan Alquran Digital Braille Kepada 150 Tunanetra Aceh
Qatar Charity Bagikan Alquran Digital Braille Kepada 150 Tunanetra Aceh, Jumat (17/5). Foto: Dok. QCI Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Memanfaatkan momentum Ramadhan 1440 hijriah, Qatar Charity Indonesia (QCI) Cabang Aceh bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Sumberdaya Tunanetra Aceh (Lampesta) membagikan Alquran digital yang menggunakan huruf braille dalam panduannya kepada 150 tunatnetra dari berbagai daerah di Aceh.

Pembagian Alquran digital braille dirangkaian dengan buka buka puasa bersama di Banda Aceh, Jumat (17/5).Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur QCI, Karam Zeinhom beserta rombongan dan perwakilan Pemerintah Aceh.

Koordiantor QCI Aceh, Muhammad Idharsyah menyebutkan pihaknya sudah berinteraksi dengan kalangan disabilitas melalui beragam kegiatan sejak tahun 2007. Setiap bulan Ramadhan, digelar buka puasa bersama ratusan disabilitas, termasuk tunanetra.

“Kali ini, selain bukber disabilitas seperti biasanya. Kita juga menghelat acara spesial ini bersama saudara-saudara tunanetra kita. Sedangkan secara umum, Ramadhan ini kita bagikan 21.500 porsi menu buka puasa kepada masyarakat di 39 lokasi Banda Aceh dan Aceh Besar,” sebutnya dalam keterangan tertulis kepada jurnalis di Banda Aceh.

Direktur QCI, Karam Zeinhom mengungkapkan bahwa pada momen Ramadhan tahun ini pihaknya mendistribusikan 127.015 porsi ifhtar di seluruh nusantara.

“Selain ifthar jama’i (bukber), kita juga menyalurkan zakat fitrah dari warga negara Qatar kepada para senif zakat fitrah di Indonesia, termasuk Aceh. Ada pun Alquran digital braille, kita bagikan kepada lima ribuan tunanetra di seluruh Indonesia. Semoga menghadirkan manfaat dan barakah buat semua,” sebut Karam asal Mesir.

Sebelum kultum atau tausiyah jelang berbuka yang disampaikan Ustadz Husni Suardi, didemonstrasikan penggunaan Alquran digital braille oleh Kepala Departemen Bidang Social Care QCI dari Jakarta, Amiruddin kepada para tunanetra.

“Alquran digital yang kita bagikan ini tidak hanya bisa diakses oleh sahabat tunanetra, tapi juga oleh keluarga mereka. Sebab, selain bertuliskan huruf braille, juga ada huruf latin bagi kalangan awas. Dengan begitu, sahabat tunanetra kita bisa merengguk keindahan Alquran itu bersama keluarga,” kata Amir.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.