Connect with us

Ragam Manfaat Kopi bagi Pria

Health

Ragam Manfaat Kopi bagi Pria

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Di Aceh, minum kopi jadi bagian dari budaya sehari-hari. Tak hanya di kala pagi, bahkan pada siang, sore, dan malam, warung-warung dipenuhi para penikmatnya.

Kabar baik, ternyata kopi tidak hanya sekedar merubah mood peminumnya, namun begitu banyak manfaat lain yang bisa didapatkan darinya.

Studi yang dilakukan oleh University of Texas menyimpulkan, pria yang mengonsumsi dua cangkir kopi sehari memiliki risiko lebih kecil menderita disfungsi ereksi sebanyak 42 persen, dibandingkan dengan yang tidak meminum kopi sama sekali.

“Minum dua cangkir kopi sehari secara dramatis dapat meningkatkan kehidupan seks Anda,” tulis The Independent mengutip hasil penelitian University of Texas.

Sementara laman Men’s health memberitakan mengenai manfaat kopi dari studi universitas-universitas terkemuka di dunia, seperti di bawah ini.

Peneliti dari Harvard menemukan, orang yang meminum secangkir kopi dalam satu hari berpeluang 8 persen terhindar dari diabetes dibandingkan mereka yang tidak pernah meminum kopi.

Studi dari Harvard lainnya menemukan, orang yang meminum kopi lebih dari satu cangkir setiap harinya memiliki peluang 26 persen lebih kecil untuk mengalami batu ginjal, daripada mereka yang mengkonsumsinya lebih sedikit daripada itu. Perlu diingat, pria lebih riskan terkena batu ginjal dibanding wanita.

University of Hawaii Cancer Center meyimpulkan, orang-orang yang meminum dua hingga tiga cangkir kopi dalam sehari memiliki peluang 38 persen lebih kecil untuk mengidap kanker hati daripada mereka yang bebas kopi.

Sementara sebuah studi dari Finlandia menemukan bahwa pria yang meminum kopi paling banyak perhari –sekitar 27 ons atau lebih–memiliki peluang 77 persen lebih kecil untuk mengalami depresi daripada mereka yang tidak meminum kopi sama sekali.

Penelitian lainnya seperti dilansir laman Verywell menyebutkan, minum 2-4 cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan risiko stroke. Alasannya, mungkin karena kombinasi efek yang bervariasi pada tubuh. Kopi mengubah fisiologi pembuluh darah dan aliran darah dengan cara yang dapat membantu mencegah hipertensi. Selain itu, efek kopi dapat mengurangi kemungkinan adanya pembekuan darah yang berbahaya.

Kopi juga dapat mengurangi kadar kolesterol. Manfaat ini menguntungkan karena kolesterol dan tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko stroke. Kopi telah menunjukkan beberapa komponen aktif yang memiliki sifat antioksidan, yang telah terbukti mampu mengurangi risiko stroke serta mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stroke.

Melihat beragam manfaatnya, tunggu apalagi, luangkan waktu ngopi ke warung-warung langganan Anda, atau di rumah sambil bercengkrama dengan keluarga . Namun ingat, jika ingin mendapatkan khasiatnya, pastikan yang diminum adalah kopi hitam, sesuai petunjuk. []

Liputan6.com dan berbagai sumber.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Health

To Top