Reza Arianda dan Farah Faizah Dinobatkan Sebagai Agam Inong Banda Aceh 2019

0
672
Reza Arianda dan Farah Faizah Dinobatkan Sebagai Agam Inong Banda Aceh 2019
Reza Arianda dan Farah Faizah Dinobatkan Sebagai Agam Inong Banda Aceh 2019. (Foto: Husaini/Acehkita.com)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Reza Arianda dan Farah Faizah dinobatkan menjadi Agam dan Inong Duta Wisata Kota Banda Aceh 2019 pada malam penobatan yang digelar di AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Sabtu (9/3) malam.

Agam (pria) Reza Arianda mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, dan Inong (perempuan) Farah Faizah mahasiswi jurusan Ilmu Hukum Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Keduanya terpilih setelah menyisihkan 11 finalis lainnya, mulai dari tahapan seleksi tulis dan wawancara serta karantina pembekalan pengetahuan kepariwisataan mulai 6 Maret lalu.

“Pemilihan Agam Inong ini merupakan yang ke-12 digelar oleh Pemerintah Kota Banda Aceh sejak 2007 lalu, untuk melahirkan talent-talent muda sebagai bentuk mendukung promosi dunia pariwisata,” sebut Iskandar, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh.

Agam Inong Banda Aceh tersebut diharapkan dapat bersinergi untuk mendukung promosi wisata secara dinamis ‘Banda Aceh gemilang dalam bingkai syariat’ dan sadar wisata serta budaya.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, meminta Agam Inong Banda Aceh untuk menarik wisatawan datang ke Banda Aceh dengan menjual kelebihan-kelebihan yang dimiliki Kota Banda Aceh di kancah nasional bahkan mancanegara.

Malam penobatan Agam Inong Banda Aceh 2019 diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran dan salawat oleh qari internasional asal Aceh, Takdir Feriza. Ke-24 finalis (12 Agam dan 12 Inong) kemudian diperkenalkan satu per satu oleh pembawa acara duet Dosi Elfian dan Cut Rita Kemala.

Semua finalis memperkenalkan diri kepada yang berhadir di ruang AAC Dayan Dawood, kemudian dewan juri memilih 8 besar. Dari 8 besar lantas dipilih menjadi 3 besar finalis untuk kemudian diuji kemampuannya oleh dewan juri di depan umum.

Pada malam penobatan itu, selain memilih Reza Arianda dan Farah Faizah sebagai Agam Inong Banda Aceh 2019, dewan juri juga memilih beberapa juara lainnya.

Juara Intelegensia: Teuku Luthfi Refikhasya (Agam) dan Cici Purwasih (Inong)

Juara Berbakat: Reza Arianda dan Farah Faizah

Juara Ekonomi Kreatif: Muhammad Alief dan Namira Fathin Aminasha

Juara Favorit Media Sosial: Hafiz Adinata Putra dan Nanda Jobiwarma

Juara 5 (Wakil 4 Agam Inong): Nanda Erwinda dan Dhiyanti Islami

Juara 4 (Wakil 3 Agam Inong): Hafiz Adinata Putra dan Siti Ifrohatis

Juara 3 (Wakil 2 Agam Inong): Teuku Ariansyah Muly dan Zhafira Alya Miftach

Juara 2 (Wakil 1 Agam Inong): Muhammad Zidan Pasya dan Syaima Atika Rifda.

Suasana malam penobatan Agam Inong Banda Aceh 2019 tersebut dapat disimak dalam video channel YouTube acehkini.id di bawah ini.

[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.