Connect with us

Ritual Gembok Cinta di Namsan Tower

Travel

Ritual Gembok Cinta di Namsan Tower

“Kalau ke Korea jangan lupa pasang satu gembok ya,” ujar Anisa begitu mengetahui saya akan berangkat ke Korea Selatan, awal November lalu. Vella, kawan lainnya, menimpali. “Kak, kalau gembok biasa aja bisa nggak?”

Bagi pecinta K-Pop dan drama Korea sudah pasti tahu ritual memasang gembok cinta di Namsam Tower yang berada di Gunung Namsan.

Menara ini bersalin nama pada 2005 lalu dari Seoul Tower menjadi Seoul N Tower. Ia sebenarnya menara pemancar gelombang radio dan televisi pertama di Seoul, ibukota Korea Selatan yang dibangun pada 1969 dan selesai dua tahun kemudian. Menara setinggi 236,7 meter ini dibuka untuk umum pada 15 Oktober 1980 dan sampai saat ini masih berfungsi sebagai menara pemancar bagi radio dan televisi seperti KBS, MBC dan SBS. N pada nama tower ini bermakna new (baru), Namsan ataupun nature.

Tower Namsan ini merupakan objek wisata yang paling populer di Seoul. Beragam drama pernah mengambil tempat ini sebagai lokasi syuting seperti Winter Sonata, My Girl, Boy Before Flower (BBF), Roftof Prince hingga My Love from Another Star bahkan beberapa acara populer lainnya seperti Running Man dan We Got Married (WGM)  juga ikut mempopulerkannya. Dalam acara variety show, pasangan Victoria dan Nickhun juga ikut memasang gembok di sini.

Namsan_1

Pada 2012 pemerintah Kota Seoul melakukan survei kepada wisatawan asing dan memilih tempat ini sebagai obyek wisata pilihan pertama. Saat ini Seoul N tower juga sudah dijadikan landmark Seoul. Para pengunjung dapat mencapai menara ini dengan naik Namsan shuttle bus yang sudah disediakan dari Myongdong, Chongmuro atau Dungguk University Subway Station ataupun menikmati pemandangan dengan menaiki cable car ala drama Korea namun buat yang ingin berolah raga mencoba menaiki lima ribu anak tangga.

Indah Febrina, salah satu penyelengara Korea Tour dari Bali, mengatakan para peserta selalu ingin berkunjung N Tower. “Karena drama banyak yang ingin memasang gembok cinta di sini,” cerita Indah.

Nina Sari juga bercerita betapa teman-temannya sangat kecewa saat tahu ia tak sempat berkunjung ke gembok cinta.

“teman teman semuanya sudah mesan ditulis namanya masing-masing tapi saya tidak sempat pergi,” kata Nina kepada acehkita.com. “Banyak orang yang menganggap ini tempat paling romantis di sini, saya juga sih sebenarnya,” tambahnya lagi sambil tersenyum.

N Tower memang mempersiapkan lokasi yang romatis buat pengunjung yang ingin merayakan cinta mereka. Alkisah dulu ada pasangan yang memgantung dua gembok saling berkait dengan nama msing-masing dan membuang kuncinya ke lembah gunung dan kisah cinta mereka terus terjalin selamanya, sehingga banyak pasangan lain yang ingin mengulangnya. Saat ini kunci gembok sudah tidak bisa dilempar sembarangan. pemerintah sudah menyiapkan kotak pos besar sebagai rumah kunci untuk menjaga lingkungan.

Menjelma menjadi tempat romantis banyak yang bisa membuat memori di sini. Ada N Sarang Gom yang merupakan mascot bisa dijadikan obyek foto atau lokasi membuat janji, wishing pond dengan koin harapannya, saat berdoa sambil melempar koin ke dalam air yang berwarna, heart chair yang siapa tahu biasa membuat dua orang saling jatuh cinta, serta tak ketinggalan love padlock tempat mengantung gembok cinta.

FOTO-FOTO: Khiththati/ACEHKITA.COM

FOTO-FOTO: Khiththati/ACEHKITA.COM

Pemerintah Kota Seoul juga memberikan full service kepada para pengunjung seperti menyiapkan audio guide dengan pilihan bahasa Inggis, Jepang dan China, rental kursi roda dan kereta dorong buat bayi, nursing room serta pelayanan medis. Buat pecinta panorama bisa mencoba mengunjungi observatory yang dirancang untuk melihat kota dengan pemandangan 360 derjat serta mengirim air post dari tempat tertinggi di Seoul. Kita akan diajak menuju ruang observatorium dengan elevator berkecepatan tinggi. Selain itu juga ada museum alive, gift shop tempat untuk membeli oleh-oleh khas N tower, bermacam gembok, surat dan lainnya.

Baru baru ini saat malam tiba kita bisa melihat  light show ketika tower ini berubah warna menjadi biru langit sebagai tanda bahwa kondisi udara di Seoul bersih dan saat yang tempat untuk mendaki gunung Namsan, menjadi hijau setiap bulan April sebagai bagian dari kampanye hijau, merah untuk memperingati hari donor darah sedunia serta tower akan menjadi gelap hari Sabtu terakhir di bulan Maret dalam rangka memperingati earth hour.

Setiap tahunnya ada lebih dari 8,4 juta orang berkunjung kemari sekadar melihat panorama kota dari puncak tertinggi di Korea, memasang gembok di love lock atau pun makan di restoran yang bisa berputar 360 derjat. Siapkan tenaga anda untuk mendaki puncak paling romantis di Korea Selatan serta jangan lupa pasang gembok ya. []

KHITHTHATI

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

To Top