Connect with us

SAR: Potensi Kecelakaan di Aceh Tinggi

Kepala Kantor SAR Banda Aceh, Suyatno Harjo

Berita

SAR: Potensi Kecelakaan di Aceh Tinggi

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kepala Kantor SAR Banda Aceh, Suyatno Harjo mengatakan potensi kecelakaan di Aceh sangat tinggi. Dia mengajak seluruh masyarakat untuk mengutamakan keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan data Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Kantor SAR Banda Aceh, sepanjang tahun 2016 sebanyak 136 kasus dan 2017 baru 21 kasus yang terjadi. “Bisa disimpulkan potensi kecelakaan sangat tinggi di Aceh,” katanya kepada wartawan, di Warung Kopi Sekretariat Bersama (Sekber) Jurnalis di Banda Aceh, Jumat 3 Februari 2017.

Angka kecelakaan tersebut terjadi di darat maupun di laut. Dari 136 kasus selama 2016, meliputi kecelakaan kapal sebanyak 37 kejadian, bencana 21 kasus dan kondisi membahayakan jiwa 77 kasus. Sedangkan selama Januari 2017, ada sebanyak 21 kasus kecelakaan, yang terdiri dari tujuh kasus kecelakaan kapal, lima kejadian bencana dan sembilan kondisi membahayakan.

Guna menurunkan angka kecelakaan faktor alam maupun kecelakaan akibat kesalahan sendiri, dapat diatasi dengan mengutamakan kepentingan keselamatan. Yang tidak bisa dihalangi adalah saat terjadi bencana, yang dibutuhkan adalah mempersiapkan diri lebih baik.

Pihaknya terus meningkatkan kemampuan timnya dalam memberikan penggalangan, sosialisasi terhadap potensi masyarakat. Satuan-satuan tugas yang ada di setiap kabupaten/kota, diharapkan memberikan respon awal terhadap setiap kejadian. Masyarakat juga diminta tanggap, minimal memberikan informasi terhadap sebuah kecelakaan ataupun kejadian. []

SABARUN

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita

To Top