Satu Individu Orangutan Dievakuasi di Peureulak

0
1071

PEUREULAK | ACEHKITA.COM –  Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengevakuasi satu individu orangutan di kawasan Dusun Tanjung Punti, Desa Blang Balok, Kecamatan Peureulak Kota, Aceh Timur, pada Jumat 19 Oktober 2018.

Pada saat ditemukan, kondisinya sehat dan memiliki berat 35 kilogram. Orangutan ini diduga peliharaan warga yang terlepas.

“Orangutan yang diselamatkan diduga peliharaan warga yang terlepas, hal ini disimpulkan sementara karena lokasi penemuannya bukan merupakan habitat untuk orangutan,” kata Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo kepada wartawan, Sabtu (20/10/2018).

FOTO: BKSDA Aceh

Sapto menambahkan, penemuan orangutan berusia sekitar 15-20 tahun ini berawal dari informasi yang disampaikan oleh masyarakat melalui call center BKSDA Aceh. Kemudian tim BKSDA turun ke lokasi.

Sebelum dievakuasi, orangutan terlebih dahulu dilakukan pembiusan. Orangutan ini  kemudian dibawa ke pusat rehabilitasi orangutan di Sibolangit, Sumatera Utara. “Untuk dilakukan pengecekan, sebelum dilakukan pelepasliaran ke habitatnya,” tutur Sapto. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.