Connect with us

Secret Superstar: Antara Mimpi, Ibu dan Kenyataan Hidup

Film

Secret Superstar: Antara Mimpi, Ibu dan Kenyataan Hidup

Ketika hidup dihadapkan pada pilihan mengikuti mimpi atau meninggalkan cita-cita dan menerima hidup apa adanya.

Insiya dan dunianya yang penuh mimpi. Masa-masa mencari jati diusia remaja yang terpaksa menjadikannya dewasa ditengah himpitan pertengkaran orang tua dan kekerasan dalam rumah tangga.

Seberapa besar pengaruh lingkungan dan keluarga terhadap impian kita? Dihadapkan pada pilihan mengikuti mimpi atau hidup sederhana seperti kebanyakan anak-anak lainnya itulah yang membuat kegundahan pada hati Insiya.

Secret Superstar membangun premis yang sederhana namun dekat dengan kehidupan sehari-hari. Semangat yang tidak pernah pudar dan mimpi yang tidak pernah mati serta masa remaja yang penuh gejolak tersendiri membuat kisah ini makin menawan. Film yang sederhana dengan emosi yang jujur. Layar mengajak penonton ke Vadodara dan melihat lebih dekat keluarga Insiya.

Gadis remaja yang tidak begitu pandai dikelas namun senang memetik gitar, bercita-cita menjadi penyanyi terkenal dan ingin bakatnya diakui. Nilainya disekolah biasa saja bahkan bisa dikatakan dibawah rata-rata untuk beberapa pelajaran seperti matematika namun sangat berbakat dibidang musik.

Ayah tiri yang kaku, tempramental dan suka memukul menjadi salah satu masalah Insiya. Ia kerap kali melihat bagaimana ibunya diam saja menerima pukulan sang suami dan tidak pernah bahagia dengan kehidupan pernikahannya.

Karakter Insiya diperankan apik oleh Zaira Wasim yang juga tampil sangat menawan di film sebelumya Dangal. Raj Arjun sukses memainkan tokoh ayah yang mendominasi, kasar dan tertutup dan juga Meher Vij yang memerankan tokoh Najma yang sangat menyayangi kedua anaknya namun tidak bisa menolak perlakuan buruk sang suami, ia sama menawannya seperti saat tampil di Bajrangi Bhaijaan. Namun yang menarik perhatian film ini tentu saja Shakti Kumaar yang dilakoni oleh Aamir Khan.

Aamir Khan memang terkenal dengan julukan si “Mr.Prefeksionis” di Industri perfilman Bollywood jadi tak mengherankan setiap tahunnya pengemar film India menunggu sesuatu yang baru dari sang aktor. Ia juga menjadi produser untuk film ini dibawah label rumah produksinya sendiri. Film-filmnya beberapa tahun belakangan memang membawa banyak nuansa baru dan inspirasi sebut saja seperti Taare Zamen Par, Ghajini, 3Idiots, PK dan Dangal yang menjadi fenomena baru.

Pendekatan yang intim pada para tokoh dengan cerita yang dekat dengan keseharian masyarakat, cerita keluarga menengah adalah kekuatan film ini. Begiti juga dengan narasi yang begitu nyaman mengugah emosi walaupun terkadang terlalu lembut. Cerita remaja dengan segala senyuman, rasa frustasi dan kemarahannya. Ia memimpikan kehidupan bahagia bersama ibu dan adiknya. Memainkan gitar jauh dari telinga sang ayah yang selalu menganggap bahwa anak perempuan tidak perlu mempunyai cita-cita dalam hidup dan menghina impian sang anak. Ia dianggap jauh dari anak perempuan dan kakak yang ideal untuk adiknya. Sang ibu hanya bisa pasrah karena keuangan keluarga berada dibawah kuasa suaminya.

Kekesalan Insiya bertambah ketika gitar berharga miliknya dirusak oleh ayahnya. Keinginan yang besar untuk menjadi sang bintang membuat Insiya akhirnya memposting nyanyiannya di Youtube dengan menyembunyikan identitas. Najma juga terus bersama anaknya membantunya merangkai mimpi. Video dengan akun secret superstar kemudian menjadi viral dan ia dicari-cari oleh produser musik salah satunya adalah Shakti Kumaar.

“Bakat pada anak-anak itu seperti gelembung pada minuman soda dan tidak ada yang dapat menahannya untuk naik keatas” Kata Shakti Kumaar kepada Insiya saat ia merasa bahwa tidak ada yang medukung cita-citanya. Aamir khan memerankan tokoh produser yang kocak namun kasar dan juga mempunyai banyak rumor buruk disekitarnya sehingga banyak penyanyi yang menjauhinya. Awalnya Insiya juga menolak tawaran Shakti Kumaar untuk melakukan rekaman di Mumbai namun keinginan untuk terus bermimpi membuatnya meninggalkan rumah dan mengikuti kata hati.

Walaupun Secret Superstar merupakan debut Advait Chandan sebagai sutradara namun ia mampu meramu film ini dengan baik. Mengambarkan kehidupan jungkir balik seorang anak muda yang mengejar cita-citanya. Pesan bahwa tidak ada yang mudah didunia ini dan setiap orang mempunyai resiko masing-masing atas pilihan hidupnya tergambar jelas dan dekat dengan penonton. Film ini juga memberi gambaran bagaimana pengaruh keluarga terhadap perkembangan anak.

Walaupun diproduksi dengan budget rendah, film yang dirilis pada 19 Oktober 2017 ini menjadi 10 produksi dengan keuntungan terbanyak tahun ini di India.

Kisah dan perjuangan Insiya dalam waktu 150 menit walaupun terkesan biasa saja namun tetap akan membuat Anda tertawa dan menangis dengan mudah. Drama keluarga yang menarik untuk disaksikan diakhir pekan dengan secangkir teh dan hujan.[]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Film

To Top