Connect with us

Seekor Gajah Ditemukan Mati dengan Kedua Gadingnya Masih Utuh

Seekor gajah ditemukan mati dengan kedua gadingnya masih utuh. (Dok. Polres Aceh Timur)

Lingkungan

Seekor Gajah Ditemukan Mati dengan Kedua Gadingnya Masih Utuh

PEUREULAK | ACEHKITA.COM — Seekor gajah jantan ditemukan mati di area perkebunan di Gampong Cek Mbon, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur. Namun kedua gadingnya masih utuh, terdapat luka bakar di bagian belalainya.

Wakapolres Aceh Timur, Kompol Apriadi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/8), menyebutkan, gajah yang ditemukan mati tersebut awalnya dilihat oleh Herman (35) saat hendak ke kebunnya pada Kamis (9/8) sore sekira pukul 15.00 WIB.

Dijelaskannya, melihat seekor gajah mati itu, lantas Herman memberitahukan kepada Kepala Desa kampungnya, Seumanah Jaya, Jasman, yang kemudian menginformasikan perihal tersebut kepada anggota Sat Intelkam Polres Aceh Timur.

“Memperoleh laporan, sejumlah anggota Sat Intelkam Polres Aceh Timur didampingi Geuchik Seumanah Jaya menuju ke lokasi. Saat ditemukan gajah yang sudah tidak bernyawa itu terdapat luka bakar pada bagian belalainya,” ujar Apriadi.

Dia juga menyebutkan, saat ditemukan kedua gadingnya yang diperkirakan panjangnya 30 centimeter itu masih utuh. “Selain itu, di dekat lokasi kejadian ditemukan kawat pagar lahan,” katanya.

Menemukan gajah yang sudah mati tersebut, sebut Apriadi, anggota di lapangan melaporkan kepada Kasat Intelkam Polres Aceh Timur dan melakukan koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan Forum Konservasi Leuser (FKL) untuk ditindaklanjuti.

“Kami belum bisa menyimpulkan penyebab kematian satwa yang dilindungi tersebut, masih menunggu identifikasi dari Unit Identifikais Satreskrim Polres Aceh Timur bersama tim BKSDA Aceh,” pungkas Apriadi.[]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Lingkungan

To Top