Connect with us

Seekor Gajah Sumatera Ditemukan Mati

Aceh

Seekor Gajah Sumatera Ditemukan Mati

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Seekor gajah ditemukan mati di hutan dekat pemukiman penduduk di Desa Karang Ampah, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, Jumat (19/2/2016) pagi. Warga yang menemukan bangkai gajah yang baru memiliki sejengkal gading itu langsung melaporkannya ke petugas Polisi Hutan dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat.

BKSDA mengirimkan tim otopsi dan identifikasi ke lokasi penemuan untuk mengetahui dan menyelidiki penyebab kematian gajah yang masih berusia 10 tahun itu.

“Kami belum bisa menyimpulkan apapun penyebab kematian karena tim masih dilapang” Ujar Kepala BKSDA Aceh, Genman Suhefti Hasibuan, Jumat sore. “Saat ini Polisi Hutan hasih berjaga-jaga di lokasi kejadian.”

Kematian ini merupakan kasus pertama di awal 2016. Sebelumnya pada 2015 ada sembilan ekor gajah ditemukan mati dan pada 2014 ada sepuluh ekor.

“Trennya itu diracun karena kita juga tahu bahwa ada tekanan habitat dan ada beberapa laporan juga konflik dengan manusia,” lanjut Genman.

BKSDA sendiri mendata ada 42 individu gajah di lanskap Krueng Peusangan yang mencakup daerah Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Bireuen. Gajah- gajah ini ditemukan di luar lokasi konservasi dan berada di luar kawasan hutan. []

KHITHTHATI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top