Connect with us

Setya Novanto Mundur dari Ketua DPR

Nasional

Setya Novanto Mundur dari Ketua DPR

JAKARTA — Politikus Partai Golkar, Setya Novanto, mengundurkan diri dari jabatan ketua DPR RI. “Surat pengunduran diri Novanto sudah diterima MKD. Akan dibicarakan sebentar lagi,” ujar anggota Mahkamah Kehormatan Dewan Sukiman seperti dilansir CNN Indonesia, Rabu (16/12/2015).

Kabar pengunduran diri Novanto ini muncul sebelum MKD melanjutkan sidang pembacaan putusan atas perkara etik yang menimpanya.

Hari ini, MKD membacakan keputusan sidang perkara etik terhadap kasus dugaan pencatutan nama Presiden Joko Widodo oleh Setya Novanto kala bertemu dengan PT Freeport Indonesia.

Kasus ini bergulir setelah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said melaporkan dugaan pelanggaran etik Setya Novanto kepada MKD.

MKD telah memintai keterangan dari Sudirman Said, Direktur Freeport Indonesia Maroef Sjamsuddin, Setya Novanto, dan terakhir Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan.

CNN Indonesia melaporkan, sejauh ini sudah 15 dari 17 total anggota MKD yang telah menyatakan pendapatnya atas kasus itu.

Dari 15 anggota MKD yang telah menyampaikan pendapatnya di hadapan sidang, sembilan di antara menilai Setya Novanto terbukti melakukan pelanggaran sedang. Kesembilan anggota MKD itu adalah Viktor Laiskodat (NasDem), Risa Mariska (PDIP), Sukiman (PAN), Ahmad Bakri (PAN), Darisal Basir (Demokrat), Guntur Sasono (Demokrat), Maman Imanulhaq (PKB), Sarifuddin Sudding (Hanura), dan Junimart Girsang (PDIP).

Sedangkan enam lainnya menyatakan pelanggaran berat. Keenam anggota itu ialah Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Supratman (Gerindra), Adies Kadir Karding (Golkar), Ridwan Bae (Golkar), Achmad Dimyati Natakusumah (PPP) dan Muhammad Prakosa (PDIP). []

CNNINDONESIA.COM | DBS

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional

To Top