Connect with us

Soal Banjir, Gubernur Pertimbangkan Status Darurat

Aceh

Soal Banjir, Gubernur Pertimbangkan Status Darurat

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Sejumlah daerah dilanda banjir dalam beberapa hari terakhir ini. Paling anyar adalah banjir yang mengepung Aceh Besar dan Pidie. Gubernur Aceh Zaini Abdullah tengah mempertimbangkan peningkatan status penanganan banjir ini.

Usai berkunjung ke daerah banjir pada Rabu (27/1/2016), Gubernur mengaku masih mempertimbangkan untuk menaikkan status darurat provinsi bagi proses penanganan musibah tersebut. 

“Pada prinsipnya kewenangan penanganan darurat yang pertama itu ada di masing-masing kabupaten dan kota. Akan tetapi jika proses penanganan di tingkat kabupaten tidak dapat berjalan dan daerah yang terkena dampak banjir semakin meluas, kita akan me pertimbangkan untuk status darurat provinsi,” ujarnya. 

Zaini turut memperingatkan warga yang tinggal di daerah rawan banjir untuk berhati-hati dan mempersiapkan diri dengan matang dalam menghadapi kemungkinan banjir, karena kondisi hujan saat ini diprediksikan masih akan terus berlanjut dalam beberapa hari ke depan. 

Selain mengunjungi para korban, Gubernur turut memerintahkan para Kepala SKPA terkait untuk segera melakukan program penanganan yang cepat guna membantu para korban musibah banjir tersebut. 

“Kawasan di sini yang terkena dampak banjir pada umumnya dekat dengan sungai, sehingga ketika hujan berterusan kerap mengalami banjir. Untuk itu, saya memerintahkan kepada Kepala Dinas Pengairan dan dinas terkait lainnya agar segera dibuat program tanggul di sekitar daerah sungai yang berpotensi mengalami luapan air ke tempat permukiman penduduk,” kata Gubernur. 

Kepada para korban, Zaini menasihatkan agar tidak mudah berputus asa dalam menghadapi cobaan musibah tersebut dan menyarankan kepada para korban untuk tinggal di tempat penampungan sementara yang telah disediakan oleh pemerintah setempat untuk proses penanganan lebih lanjut. 

“Terutama kepada para korban yang mengalami sakit-sakit diharapkan agar segera berjumpa dengan petugas kesehatan yang sudah dipersiapkan dilapangan. Hal ini penting karena banjir biasanya dapat membawa banyak penyakit seperti diare, demam, gatal-gatal dan lain-lain,” ujar Zaini. []

FOTO: Ayie Mudarris

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top