Connect with us

Soal UN Jurusan IPA Diduga Bocor di Internet

Berita

Soal UN Jurusan IPA Diduga Bocor di Internet

[vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_column_text]JAKARTA | ACEHKITA.COM – Soal ujian nasional (UN) untuk jurusan IPA diduga bocor di internet. Soal-soal tersebut disebar lewat aplikasi Google Drive dalam bentuk PDF.

Temuan dilaporkan Sekretaris Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti. Dia mempertanyakan mengapa hal itu masih terjadi karena UN bukan lagi penentu kelulusan siswa.

“Ini seharusnya bisa jadi pelajaran kita bersama. Dengan sistem baru (UN bukan lagi penentu kelulusan), seharusnya tidak ada lagi yang seperti ini,” katanya seperti disiarkan Kompas.com, Selasa (14/4/2015).

Retno memaparkan, kebocoran soal UN awalnya diketahui dari laporan seorang guru dan beberapa siswa ke posko pengaduan FSGI. Laporan itu juga menyertai tautan internet.

Lalu, FSGI menelusurinya. “Laporan itu dibuat kemarin dan hari ini. Untuk kemarin, soal Bahasa Indonesia dan Kimia sama persis. Itu diakui  siswa yang mengerjakan soal-soalnya,” tutur Kepala SMA Negeri 3 Jakarta ini.

Seperti diketahui, pelapor kebocoran soal UN awalnya mengunduh sebuah dokumen lewat Google Drive. Di dalamnya ada lima tipe untuk tiap-tiap pelajaran sehingga secara total ada 30 soal dalam bentuk PDF.

Pada soal tersebut terdapat kop “Naskah Soal UN 2015” lengkap dengan tanggalnya yang merupakan tanggal pelaksanaan UN hari pertama, yakni 13 April 2015.

Esok paginya, ketika guru tersebut menjadi pengawas UN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Kimia, ia sempat melihat soal UN dan mendapati bahwa soal tersebut sama persis dengan kelima tipe soal yang ditemuinya di internet.

Sementara itu, soal hari  ini, untuk mata pelajaran Biologi, memang tidak terlalu persis. Namun, ada sekitar 50 persen kesamaan dari soal yang diunggah di Google Drive itu.

Retno mengatakan, jajarannya terus memantau soal-soal yang bocor di internet itu sampai hari terakhir pelaksanaan UN. Hal itu untuk memastikan apakah soal UN benar-benar bocor sepenuhnya atau tidak.

“Mungkin saja soal yang besok berbeda sama sekali. Makanya kami akan terus pantau,” kata dia.[]

AK[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Continue Reading
Baca juga...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita

To Top