STAIN Meulaboh Buka Pendaftaran Jalur Mandiri hingga 12 Juli 2019

0
610
STAIN Meulaboh Buka Pendaftaran Jalur Mandiri hingga 12 Juli 2019
Ilustrasi seleksi mahasiswa baru di STAIN Teungku Dirundeng, Meulaboh. (Foto: DOK. STAIN Meulaboh)

MEULABOH | ACEHKITA.COM – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh kembali membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri tahun akademik 2019/2020. Pendaftaran jalur mandiri ini dibuka hingga 12 Juli 2019.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, M. Arif Idris, menyampaikan bahwa jalur mandiri merupakan tahapan penerimaan mahasiswa baru tahun 2019. Untuk tahun ini, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh membuka kesempatan bagi 420 mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan STAIN Teungku Dirundeng itu dalam keterangan tertulisnya juga menyebutkan, jalur mandiri disediakan untuk memberi kesempatan bagi calon mahasiswa yang tidak tertampung pada jalur SPAN dan UM-PTKIN.

“Untuk pendaftaran jalur mandiri, calon mahasiswa wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100.000, yang disetor langsung ke BRI Nomor Rekening 0178.01.002215.30.7 Atas Nama BPn 003 STAIN Meulaboh,” ujarnya.

Ia mengatakan, waktu pendaftaran jalur mandiri dibuka mulai 10 Juni hingga 12 Juli 2019 mendatang. “Untuk tes masuk dan wawancara tanggal 17 Juli 2019. Sementara pengumuman kelulusannya akan diumumkan pada 22 Juli 2019,” sebut Arif.

Adapun pilihan jurusan dan program studi, untuk saat ini STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh memiliki tiga jurusan dengan sebelas program studi. Jurusan Tarbiyah dan Keguruan, degan program studi Pendidikan Agama, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, dengan program studi Hukum Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Hukum Pidana Islam, dan Hukum Tata Negara Islam.

Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, tersedia Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ilmu Al-quran dan Tafsir dan Pengembangan Masyarakat Islam.

Untuk informasi lebih lanjut, calon mahasiswa dapat mengunjungi laman website http://www.staindirundeng.ac.id/jalur-mandiri atau panitia penerimaan tiap hari kerja.

Sebelumnya, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh telah melakukan penerimaan jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN. Kedua jalur ini telah selesai dilaksanakan pada Januari hingga Mei 2019, melalui seleksi nasional.

“Untuk jalur SPAN-PTKIN tahun ini, kita menerima 420 calon mahasiswa dan UM-PTKIN 560 mahasiswa,” tutur Arif.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr Inayatillah, menyatakan untuk jadwal pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) mahasiswa baru jalur SPAN PTKIN dapat dilakukan mulai 18-27 Juni 2019.

“Pembayaran UKT disetor langsung ke Bank Rakyat Indonesia dengan nomor rekening 0118.01.002215.30.7 atas nama BPn 003 STAIN Meulaboh dengan mencantumkan nama lengkap dan pada slip pembayaran,” sebutnya.

Inayatillah menambahkan, besaran UKT masing-masing mahasiswa berbeda, disesuaikan dengan kondisi ekonomi mahasiswa bersangkutan. Adapun besaran UKT mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh tahun 2019 yaitu Rp400 ribu, Rp800 ribu, Rp900 ribu, Rp1 juta, Rp1,1 juta, dan Rp2,4 juta.

“Sampai saat ini, UKT STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh masih yang terendah dari PTKIN yang ada,” ujarnya.

Terakhir, Inayatillah mengingat bagi mahasiswa baru yang ditetapkan sebagai penerima bidikmisi wajib melaporkan diri ke Subbag Akademik dan Kemahasiswaan paling lambat 27 Juni 2019, dengan membawa tanda pendaftaran ulang, serta mengikuti pengarahan.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.