Connect with us

Taj Mahal, Hadiah Cinta Termahal

FOTO: KHITHTHATI/ACEHKITA.COM

Travel

Taj Mahal, Hadiah Cinta Termahal

Jika berkunjung ke India, belum lengkap rasanya bila tidak singgah di salah satu dari tujuh keajaiban dunia masa lalu. Taj Mahal resmi menggandeng sebagai situs warisan dunia dari UNESCO pada tahun 1983.

Makam yang berada di Agra ini masuk dalam salah satu tujuan utama para wisatawan ke negeri Bollywood. Setiap harinya, ada ribuan orang yang berkunjung kemari.

Taj Mahal dibangun oleh Shah Jahan, seorang raja dari kekaisaran Mughal. Dia mendirikan bangunan ini untuk memenuhi permintaan terakhir dari istrinya, bernama Arjumand Banu Begum atau yang lebih dikenal dengan nama Mumtaz Mahal.

Taj Mahal dibangun antara tahun 1631 sampai tahun 1648 dengan mengunakan marmer putih. Persembahan cinta ini disebut sebagai bangunan yang paling simetris di dunia.

Bagaimana tidak, setiap sudutnya memiliki ukuran yang sama. Hanya makam Shah Jahan yang tidak, karena baru ditambahkan saat ia dikuburkan tahun 1666.

Arsitektur Taj Mahal menggabungkan gaya India, Persia, dan Islam. Konstruksi dimulai tahun 1632 yang dikerjakan oleh 20.000 orang dan dibantu oleh 1000 ekor gajah.

Untuk menyelesaikannya, membutuhkan waktu 22 tahun dengan biaya masa kini lebih dari 32 juta ruppe atau 1,3 juta USD.

Kompleks ini  memiliki pintu gerbang setinggi 30,48 meter dan panjang 45,72 meter. Taman yang juga sejajar ukurannya antara gerbang dan bangunan makam. Masjid serta penginapan yang berada di kiri dan kanan makam.

Di belakangnya mengalir sungai Yamuna. Penampilan Taj Mahal juga akan tampak berubah seiring perubahan waktu. Seperti kuning dengan gradiasi oranye saat matahari terbit dan gradasi warna merah muda saat matahari terbenam.

Pada dindingnya juga penuh dengan pahatan ayat Alquran serta dekorasi 28 jenis batu mulia yang berbeda, termasuk batu rubi dan zamrud.

Setelah pembangunan Taj Mahal selesai, Shah Jahan jatuh sakit. Dan karena pergejolakan politik dan kekuasaan, ia dipenjara oleh anaknya di Agra Fort.

Di sini, ia menghabiskan delapan tahun sisa hidupnya dengan terus menatap keluar jendela. Dari balkon jendela, ia dapat memandangi keindahan Taj Mahal karyanya ditemani kesepian. Sampai akhirnya, dimakamkan di samping sang istri tercinta.

Berikut sejumlah foto keindahan Taj Mahal yang diabadikan oleh reporter acehkita.com, Khiththati yang berkunjung ke India pada medio Agustus 2018.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Travel

Advertisement

ACEHKITA TV

Trending

Kolom

Kuliner

Facebook

To Top