Connect with us

Tiga Paus yang Terdampar, Telah Mati

Foto: Ahmad Ariska

Berita

Tiga Paus yang Terdampar, Telah Mati

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Sebanyak tiga paus sperma dinyatakan mati di pantai Ujong Kareung, Desa Durung, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Selasa 14 November 2017. Mereka terdampar bersama serombongan paus sejak Senin kemarin.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo, dalam pesan tertulisnya kepada media. “Sebanyak 5 paus telah berhasil dikembalikan ke laut. Satu masih diusahakan ditarik untuk dikembalikan ke laut,” katanya.

Paus sperma diperkirakan mati pada pukul 03.00 WIB dinihari tadi, sesuai informasi dari petugas jaga di lokasi Ujong Kareung. Sejak Senin malam, Angkatan Laut juga telah menurunkan KRI Simeulu untuk membantu evakuasi paus tersebut.

Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh, Miftahuddin Cut Adek mengatakan kawanan paus sperma itu terdampar pada Senin sekitar pukul 10.00 WIB. Informasi menyebar dengan cepat melalui pesan berantai, berbagai lembaga terkait dan masyarakat kemudian bahu-membahu menarik ikan besar itu untuk kembali ke laut dibantu sejumlah kapal patroli laut.

Paus yang terdampar awalnya diperkirakan hanya dua ekor dalam keadaan luka. Selanjutnya beberapa paus lainnya dengan panjang 8 – 10 meter mengikuti rekannya dan ikut terdampar di sana. []

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita

To Top