Connect with us

Unsyiah Tanam 1.045 Pohon Agar Lingkungan Kampus Hijau

FOTO: HUMAS UNSYIAH

Kampus

Unsyiah Tanam 1.045 Pohon Agar Lingkungan Kampus Hijau

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Universitas Syiah Kuala dan Perusahaan Listrik Negara Wilayah Aceh menanam sebanyak 1.045 pohon di lingkungan kampus di Darussalam, Banda Aceh, Rabu (28/11/2018). Kegiatan itu bertepatan dengan Hari Penanaman Pohon Indonesia, sekaligus mewujudkan kampus hijau dan lingkungan lestari.

Ketua Panitia, Syafruddin mengatakan jenis pohon yang ditanam terdiri dari 360 pohon kencana, 150 trembesi, 265 pohon mangga, dan 270 pohon jambu madu.

Lokasi penanaman tersebar di beberapa area di kampus Unsyiah, seperti wisma tamu, lapangan tugu, askopma, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, stadion mini, kebun percobaan Fakultas Pertanian, lab terpadu, dan kawasan gelanggang mahasiswa.

Penanaman pohon ini melibatkan 400 orang yang terdiri pimpinan, dosen, mahasiswa, civitas academica Unsyiah, beserta jajaran PLN Aceh.

Rektor Unsyiah, Prof. Samsul Rizal mengatakan, kegiatan penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian lingkungan serta semangat Unsyiah dalam membangun Aceh ke arah lebih baik.

Samsul berharap pohon yang ditanam nantinya dapat menghijaukan lingkungan kampus tertua di Aceh itu.

“Kita bersyukur Aceh memiliki tanah yang subur sehingga mudah tumbuh pohon dan tidak membutuhkan biaya besar untuk merawatnya,” kata Samsul dalam rilis yang diterima acehkita.com, Rabu (28/11).

Sementara, General Manager PLN Aceh, Jefri Rosiadi mengatakan, selain di Unsyiah, penanaman pohon juga dilaksanakan serentak di seluruh unit PLN se-Indonesia dengan total 22 ribu pohon.

Menurut Jefri, penanaman pohon sebuah langkah awal untuk mengupayakan rehabilitasi lingkungan yang rusak dan kritis.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menular kepada masyarakat untuk menanam pohon sehingga memberikan manfaat bagi kita semua,” ujar Jefri.

Dalam kegiatan ini juga diikrarkan deklarasi kampus hijau Unsyiah yang berisikan tujuh poin, yaitu pelestarian lingkungan kampus, penghematan energi, pengelolaan sampah dan limbah, bijak dalam penggunaan air, efisiensi penggunaan kendaraan bermotor, penguatan wawasan lingkungan, dan pengurangan penggunaan plastik. []

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Kampus

ACEHKITA TV

Trending

Kolom

Kuliner

Facebook

To Top