Connect with us

VIDEO: Satelit Merah Putih Sukses Mengangkasa

Teknologi

VIDEO: Satelit Merah Putih Sukses Mengangkasa

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Hari ini, Selasa (7/8), Satelit Merah Putih milik Telkom Indonesia resmi diluncurkan. Satelit yang telah sukses mengangkasa ini diharapkan dapat memenuhi 77 persen kebutuhan transponder nasional.

Melalui akun twitter resmi Telkom Indonesia, disebutkan peluncuran Satelit Merah Putih merupakan wujud komitmen dan tanggung jawab Telkom Indonesia dalam memenuhi permintaan akan kebutuhan transponder satelit domestik yang cukup besar, khususnya bagi wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

“Peran Satelit Merah Putih sangat penting, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki 17.508 pulau serta dataran yang sulit dijangkau untuk jaringan internet. Satelit menjadi jawaban tepat untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia,” kicau @TelkomIndonesia, Selasa (7/8).

Dijelaskan, pembuatan Satelit Merah Putih dilakukan atas kerjasama Telkom Indonesia dengan perusahaan pembuat satelit Space System Loral (SSL) yang membutuhkan waktu selama 28 bulan dalam pembuatannya dan ternyata berhasil rampung 2 bulan lebih cepat dari yang ditentukan.

Dan dalam peluncurannya pada hari, SpaceX dipercaya oleh Telkom Indonesia untuk melakukan misi peluncuran Satelit Merah Putih. SpaceX disebutkan sebagai perusahaan jasa peluncuran yang memiliki persentase keberhasilan peluncuran yang cukup tinggi, yaitu 98% dari kontrak peluncuran sebanyak 100 misi.

Disebutkan, SpaceX juga menjadi penggerak inovasi terbaru dalam dunia antariksa. Terciptanya Falcon 9 sebagai roket yang bisa digunakan lebih dari 1 kali (filght proven) dan nantinya roket akan kembali ke bumi lalu dijemput oleh drone ship.

Lebih lanjut disebutkan, pembuatan Satelit Merah Putih di SSL juga diikuti oleh beberapa karyawan TelkomGroup yang diharapkan terjadi adanya transfer pengetahuan dan teknologi antara SSL dan TelkomGroup, sehingga di masa mendatang Indonesia mampu memproduksi satelit secara mandiri.

Berikut in adalah video peluncuran Satelit Merah Putih yang sukses mengangkasa persembahan Telkom Indonesia langsung dari SpaceX Cape Canaveral, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat.


[]

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Teknologi

ACEHKITA TV

Trending

Kolom

Kuliner

Facebook

To Top